Kamis, Januari 14, 2010

Geger otak


Kasus ini sering terjadi apabila terjadi benturan pada kepala ( Trauma capitis ), akibat kecelakaan lalu lintas, kecelakaan kerja, terjatuh dari ketinggian, pukulan kepada kepala dll.

---

1 hari yang lalu Pak Alimin ( bukan nama sebenarnya ), 49 tahun datang berobat diantar kakak dan adiknya. Pak Alimin pernah berobat 2 kali kepada saya.

Kali ini Pak Alimin terjath dari sepeda motor yang dikendarainya.

Saya melihat keadaan umumnya : jelek. Pada wajah, kepala terdapat luka memar, pada lengan kanan  dan tungkai kanan terdapat beberapa luka lecet. Sesudah duduk di kursi, pak Alimin menunjukan tanda-tanda akan muntah. Saya mengambil sebuah ember untuk menampung muntahannya. Beberapa saat kemudian ia muntah, cukup banyak  makanan yang belum tercerna, keluar dan masuk ke ember tadi.

Tekanan darahnya 140/80, keadaan umumnya lemah. Kasihan ia menderita Commotio cerebri ( geger otak ).

Saya menganjurkan agar Pak Alimn ini segera dibawa ke Rumah Sakit terdekat. Kakak perempuannya langsung tidak setuju dengan alasan tidak ada biaya meskipun masuk  ke RS Umum.

Saya membuatkan Surat Rujukan ke Rumah Sakit bila kemudian pasien berseda di rujuk ke RS. Selain itu saya membuatkan Resep obat yang berisi  tablet anti muntah, kapsul antibiotika, tablet anti nyeri.

Hari ini ( keesokan harinya ), kakak perempuannya menelepon saya  dan melaporkan bahwa Pak Alimin, masih sakit kepala dan minta obat baru ( kalau ada ). Saya bilang obat yang kemarin sudah mengandung obat anti nyeri. Sebaiknya masuk RS saja. Lagi-lagi ia menolaknya. Ya sudah mau apa lagi. Saya bilang maaf saya tidak dapat membantu lebih lanjut selain dirawat di RS.

---

Untuk berbuat kebaikanpun sering kali mengalami kesulitan. Ada banyak batu sandungan.

42 komentar:

  1. dok, saya beberapa hari yang lalu juga mengalami hal yang sama. sempat pingsan dan ketika sadar tak langsung muntah. namun, esoknya hal itu terjadi. tapi, dokter yang saya kunjungi bilang, saya belum masuk dalam kategori geger otak. untuk mewaspadai, apa ada obat yang bisa mengurangi pusing di kepala?

    BalasHapus
  2. beberapa hari yang lalu, saya juga sempat jatuh dari motor. kepala mengalami benturan dan sempat pingsan. namun, saat sadar, tidak langsung muntah, melainkan sekitar 15 jam kemudian baru muntah terjadi. saya sempat ke dokter, dan ia mengatakan bahwa saya belum mengalami geger otak. namun, kiranya apakah ada obat untuk mengurangi rasa pusing?

    BalasHapus
  3. To Melly ai,

    Kalau Geger otak ( Commotio cerebri ) ringan, dalam beberapa hari sudah baikan.

    Geger otak yang berat maka mesti diobservasi aakah terdapat peradarahan dalam otak ( subdural hematoma dll ).

    Pasien-pasien demikian harus bed rest ( tirah baring ) dahulu selama beberapa hari.

    Setelah sadar dari pingsan, pasien biasanya mengeluh sakit kepala. Waspada adanya komplikasi dari Geger otak ini.

    Bila sakit kepala tidak sembuh-sembuh maka sebaiknya dilakukan pemeriksaan lain misalnya CT Scan kepala utk melihat adakah perdarahan dalam Otak?

    Janganlah menganggap benturan kepala ( Trauma capitis ) itu tidak apa-apa. Otak mesti dilindungi dari benturan shg dilindungi oleh Tulang tengkorak yg kuat ( toh dapat pecah juga ), misalnya dg memakai Helm yg sering disepelekan.

    Nanti bila mendapat Trauma capitis dan perdarahan otak, ceritanya menjadi penjang dan menyesal d kemudian hari.

    BalasHapus
  4. Tidak sadar dan adanya muntah setelah terjadi benturan kepala ( Trauma capitis ) itu sudah menunjukan adanya Geger otak.

    Bila tidak ada perdarahan otak, keluhan nyeri dapat diatasi dengan tablet anti nyeri Paracetamol ( 3 x 1 tab/hr ).

    BalasHapus
  5. Kemarin pagi ponakan saya jatuh dari motor. kondisi luar lecet dan memar di bagian kening, hidung, tangan. yang mengkahawtirkan, setelah jatuh dia muntah2 cukup sering hingga sore hari. kemudian td malam msh muntah pd jam 8 dan jam 2 malam. hari ini belum (mudah2an tidak) muntah lg. Tetapi kepalanya msh belm bisa digerakkan, katanya msh pusing jika bergerak. pelipis & pipi kanan juga bengkak dr td malam.
    (hingga hari ini dia dirawat di rumah sakit).

    kira2 apa yg harus dilakukan utk penanganan lbh lanjut Dok?
    mohon tanggapannya.

    terima kasih

    BalasHapus
  6. To Linda,

    Masuk Rs , sudah betul.

    Disana ada dokter yg akan merawatanya dg baik.
    Berbaring dg Kepala lebih rendah dari kaki ( kaki bd diganjel sepotong balok.

    Bedrest selama beberapa hari dg observasi, apakah gejala makin berat atau ada perbaikan.

    Minum tablet anti sakit kepala.

    Bila dicurigai ada perdarahan di Otak maka perlu dibuat Foto Rontgen Tengkorak dll pemeriksaan.

    Itulah sebabnya pengendara sepeda motor dan mobil balap harus pakai Helm yg baik utkmelindungi Kepala ( Pusat Susunan Syaraf Pusat / Otak ).

    BalasHapus
  7. Anonim8:22 AM

    Anak saya, jatuh terpeleset, dan kepalanya mengenai lantai, terus sesaat itu ada sedikit keluar darah dari hidung, tapi hanya sesaat....alhamdulillah dia tetap sadar dan nangis, malah main lagi seperti biasanya....kami langsung baa ke RS, oleh dokter jaga di anjurkan rontgen....dan katanya tidak apa2....apakah kami perlu melakukan CT scan otak? terimakasih....

    BalasHapus
  8. To Anonymous,

    Benturan pada Kepala ( trauma capitis ) merupakan cedera yang berbahaya sehingga pihak Kepolisianpun mewajibkan memakai Helm ( yg brekwalitas ) saat mengendari sepeda motor.

    Bila ada perdarahan melalui Telinga diduga sangat mungkin terjadi Fractura Basis Cranii ( Patah Tulang Dasar Tengkorak ). Kalau perdarahan melalui hidung, bisa terjadi o.k. benturan pada Hidung sehingga terdapat luka atau patah tulang hidung.

    Pada kasus Trauma capitis, sebaiknya diakukan Observasi dengan bedrest ( tirah baring ) diatas bedselama beberapa hari. Biasanya letak Kepala lebih rendah dp Kaki. Bila selama beberapa hari tidak terjadi hal yang berbahaya pasien boleh pulang kecuali ada hal yg lain misalnya patah tulang lengan , kaki dll komplikasi cedera tubuh.

    BalasHapus
  9. Anonim9:13 AM

    Mau bertanya tentang.....cara mengatasi dan mengobati masuk angin....

    Saya sering mengalami masuk angin....apabila dikerik maka biasanya sembuh....apakah kebiasaan kerik tersebut berbahaya bagi kesehatan?...bagaimana caranya penanganan masuk angin tersebut dari segi medis?

    BalasHapus
  10. To Anonymous,

    Pertanyaan anda tentang "masuk angin" tidak kaitannya dg Judul artikel ini.

    "Masuk angin" tidak dikenal di dunia medis. Judul itu hanya berlaku utk ungkapan sehari-hari di masyarakat kita.

    Kalau itu sembuh dg cara di kerok, silahkan saja.

    Gejala "masuk angin" kalau tidak salah mirip dg gejala Flu ( Flu like syndrome ). Jadi terapinya ditujukan kpd Flu dg gejala pegel linu, tidak enak badan, bersin2, ngantuk dll. Dg minum tablet anti flu, maka semnua gejala akan sembuh. Silahkan dicoba saja. Tidur yang cukup sebagai tambahan.

    BalasHapus
  11. Siang Dok,
    Semalam adik saya terjatuh dari becak dan kebetulan kepalanya kebentur Aspal. dari kejadiaan sampai sekarang (sekitar 12 Jam) sudah muntah 7 kali dan kepalanya pusing tak tertahankan. Apakah ini gejala geger otak? geger otak ringan or Berat ya Dok dan bagaimana penyembuhannya?

    BalasHapus
  12. To Afri, adik anda sebaiknya di rawat di RS. Dokter akan melakukan pemeriksaan penunjang spt : Foto kepala dll.

    Dari hasil pemeriksaan tsb, dokter akan memberikan yang terbaik bagi adik anda.

    salam.

    BalasHapus
  13. Selamat Pagi Dok,
    Mau bertanya, kakak saya baru mendapat kecelakaan (ditabrak motor) 2 hari lalu. pada bagian kaki kirinya retak dan benturan di kepala membuatnya merasa ingin muntah dan pusing yang berlebihan. saat kecelakaan itu langsung di bawa ke RS. menurut dokter yg menanganinya, benturan di kepalanya tidak apa-apa, tapi kenapa kakak saya itu tidak dapat duduk karena pusing dan ingin muntah.
    2. Apakah tidak ada efek samping jika akhirnya dia harus muntah?
    3. Adakah obat utk meghilangkan rasa pusing dan muntah yg berlebihan itu?
    4. Apakah bisa dibolehkan utk duduk setengah tidur, walau masih merasa pusing dan ingin muntah-muntah?
    5. Terimakasih dokter utk jawabannya

    BalasHapus
  14. To Vensca,

    Kakak anda tampaknya ada Geger Otak ringan.
    Mungkin saat itu Kepala tidak apa-apa / belum ada gejala lain.
    Sebaiknya di rawata di RS utk Observasi beberapa hari. Bisa saja setalah beberapa hari gejala lain akan tampak.

    Pada kasus demikian pasien sangat dianjurkan berbaring dengan Kepala lebih rendah dari pada kaki.

    Perlu Pemeriksaan penunjang bila dalam beberapa hari rasa mual, muntah masih berlanjut, spt: Foto Kepala, dll

    Dokter yang merawat kakak anda semestinya sudah bekerja sesuai dg Prosedure Tetap di RS tsb utk merawat Kakak anda.

    Rasa mual dan muntah tentu pasien tidak bisa makan. Pasien biasanya di beri suntikan obat anti muntah spt Dramamine injeksi dan obat-obat penunjang lainnya.

    Semoga kakak anda segera sembh.

    Salam.

    BalasHapus
  15. widya1:23 PM

    siang dok ...
    emm saya mw nanya,kalo suka pusing yg sangat sakin tiba" trus mimisan, apakah itu gejala geger otak atau kanker otak ea dok ??
    makasih atas jawaban dokter ..

    BalasHapus
  16. To Widya,

    Utk membuat Diagnosa itu adalah Geger Otak atau Kankaer Otak atau lainnya harus ada bukti penunjangnya ( Foto Kepala, CTI scan, MRI, pemeriksaan Darah dll ).

    Kalau ada keluhan sering Pusing ( Cephalgia )dan mimisan ( Epistaxis )mungkin itu sbg gejala dari Hipertensi. Berapa tekanan darah anda dan berapa usia anda saat ini.Bisa juga disebabkan oleh kelainan darah anda. Cek berapa kadar Thrombosit, jumlah sel darah putih ( lekosit ).

    Sering pusing dpt disebabkan karena: Anemia ( kekurangan kadar HB darah anda, silahkan cek di Lab terdekat ), kurang istirahat ( harus 7-8 jam / 24 jam )banyak stres dll.

    Jadi mesti ada tanya jawab antara pasien & dokter, haruys ada pemeriksaan penunjang sebagai buktinya.

    Sebaiknya anda dilakukan Medical check up kepada dokter terdekat.

    Salam.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anonim8:12 AM

      dokter, adik saya 1 hari yang lalu mengalami kecelakaan,,kondisinya sat ini masih setengah sadar, hasil rontgen katanya ada fraktur d daerah pelipis,, menurut dokter penangan lanjutan ap sebaiknya yg dilakukan? bagaimana tingkat keparahan dan pemulihan dengan kondisi seperti itu? trimakasih

      Hapus
  17. Trauma capitis ( benturan kepala ) dapat menyebabkan Geger otak ringan sampai berat, juga dapat menyebabkan Fraktur tulang tengkorak ( peah tuang tengkorak ) dan peradarahan di Otak.

    Adik anda usia berapa? Farktur tulang pelipis dan sapai saat ini masih belum sadar benar menunjukkan Traumanya cukup hebat.

    Kalau ada fasilitas ( atau pindah ke RS lain yg punya fasiitas ) dapat diakukan CT Scan dan atau MRI pada kepala, untuk melihat gambaran di dalam jaringan Otak. Bila ada perdarahan, mungkin perlu dilakukan operasi untuk mengeluarkan darahnya. Bila benar ada perdarahan maka pasien yang didiamkan saja akan membuat keadaan makin parah dan Prognosa penyakit tidak baik.

    Demikian semoga dapat bermanfaat.

    BalasHapus
  18. Kecelakaan lalu lintas bisa kena gegar otak. Mesti hati-hati kalau di jalan ya. Meleng dikit, ditabrak. Ironisnya, rata2 pengemudi di jalan pada brutal semua.

    Kalau korban pusing dan muntah dalam 2 x 24 jam, mestinya langsung bawa ke dokter. Kalau konsultasi lewat blog doktor, salah-salah bisa terlambat. Dokter kan nggak online 24 jam jadi gak bisa langsung jawab pertanyaan.

    P.S: Jadi inget blog dokter lain yg menyarankan langsung ke dokter bila terkena penyakit yg terkait dengan kepala.

    BalasHapus
  19. To Kencana,

    Terima kasih sudah berkunjung lagi.

    Anda benar saat ini sudah begitu banyak kendaraan ( roda 2 dan Roda 4 ) yang ada dijalanan. Sering kali pengendara sepeda motor tidak menghiraukan peraturan lalu lintas ( tiudak pakai helm, nyerobot lampu lalu lintas, jalan di trotoar dell ). Perlu kesadaran berlalu lintas.

    Jangankan 2x24 jam, dalam sehari saja kalau terjadi kepala musing, muntah2 lebih baik datang ke Rumah sakit / Dokter Praktik terdekat. Gejhala yg tadinya ringan dalam 24 jam bisa berubah menjadi lebih berat, bila terjadi perdarahan di dalam tengkorak kepala.

    Sering kali ini tidak dilakukan dengan alasan biaya. Perawatan di RS sering kali memerlukan biaya, kalau tidak mempunyai Asuransi Keseahatan. Ada yg mengatakan bahwa kalau miskin janganlah sakit. Tragis sekali.

    Salam.

    BalasHapus
  20. Iya, ya. Makanya orang miskin mesti kerja keras biar kaya. Quote dari Bill Gates:
    "If you are born poor it's not your mistake but if you die poor its definitely your mistake."
    Banyak lho pedagang kaki lima yang jadi pengusaha kaya berkat kerja keras.

    BalasHapus
  21. To Kencana,

    Benar utk jadi kaya mesti ulet dan tahan banting, contohnya orang yang buka Warteg, semula kecil2an, tapi akhirnya bisa beli ruangan utk Wartegnya dan punya langganan yang cukup banyak. Omset seharinya bisa melebihi praktik dokter umum.

    Kalau malas2an kerja maka selamanya tidak akan ada kemajuan dalam status ekonominya. Orang kaya seharusnya mau membantu yang miskin sehingga yg miskinpun dapat menikmati hidup layak termasuk kesehatan yg baik.

    Salam.

    BalasHapus
  22. malam dok,
    begini pak,apabila seseorang itu sudah selesai operasi otak karena pendarahan di otak belakang,dan setelah sadar anak itu lupa ingatan sama sekali tidak ingat apapun,bahkan yg membuat dia kecelakaan pun tidak ingat,sudah seminggu lebih keluar dari rumah sakit belum juga banyak perubahan,obat apakah dan aktifitas apa yang baik dilakukan supaya bisa mempercepat ingatan nya.
    terimakasih

    BalasHapus
  23. To Juangri Marpaung,

    Lupa arau hilang ingatan atau amnesia, sering terjadi setelah seseorang mengalami Taruma capitis ( benturan pada kepala ). Sering kali terjadi lupa akan peristiwa sesaat sebelum kejadian tsb ( amnesia retrograd ).

    Bila terjadi perdarahan pada Otak berarti trauma capitis itu cukup hebat sehingga terjadi kerusakan pembuluh darah di daerah Otak tsb. Setelah dilakukan operasi utk mengatasi perdarahannya, tinggal menunggu proses recovery ( penyembuhan ).

    Kembalinya daya ingat setelah kejadiuan ini memerlukan waktu yang sering kali dapat bertahun-tahun. Kita mengharapkan datangnya mujizat sehinnga ingatannya pulih kembali.

    Dapat dicoba dengan mengunjungi tempat dimana ia mengalami kecelakaan, berjumpa dengan seseorang yang pada waktu kejadian berada di tempat tersebut, mendengarkan musik atau suara yang ia dengar sebelum terjadinya kecelakaan, dan lain-lain peristiwa yg berkaitan dgn kejadian sebelum terjadinya kecelakaan.

    Kalau obat2an bisa dicoba dengan minum tablet / sirop Neurotropik vitamin ( B1, B6 dan B12 ) dan sirup yg mengandung Pyritinol ( Encephabol ). Obat2 ini perlu diminum dalam jangka panjang.

    Semoga dapat membantu.

    Salam.

    BalasHapus
  24. Dok, selasa malam lalu, temen saya mengalami kecelakaan dan mendapatkan benturan di kepalanya.. sehingga ia mengalami gegar otak. Lalu dia selalu meminta saya untuk mencarikan cara agar cepat sembuh dari gegar otak yg dideritanya.. sedangkan yg saya tahu, ia harus banyak istirahat dan konsumsi obat dari dokter.. Tapi dia tetap memaksa saya utk mencarikan cara tersebut. Nah, sebenarnya untuk lama penyembuhan pasien gegar otak gitu, membutuhkan waktu berapa minggu/bulan dok? Dan adakah cara cpat untuk mengobatinya? Lantas, makanan apa yg baiknya ia konsumsi? Karna dia bilang, kalo dia sama sekali ga doyan makan.. Ia selalu mual dan muntah setelah makan.
    Makasih dok..

    BalasHapus
  25. To Kaos lukisku,

    Pasien yang mengalami Trauma capitis (benturan di kepala), mengalami amnesia retrograd ( lupa ingatan sesaat sebelum kejadian benturan), mual, muntah, pingsan menunjukkan adanya Geger otak ( Commotio cerebri).

    Pasien yg demikian sebaiknya di rawat di Rumah Sakit. Disini pasein akan diobservasi, istirahat baring dengan kepala lebih rendah dari posisi kaki, minum obat yg diberikan dokter yg merawat.

    Bila pasien memberikan respons yang baik maka biasanya dalam waktu 1-2 minggu, pasien dapat membaik, tetapi bila ada komplikasi adanya peradarahan otak , maka akan dilakukan pemeriksaan penunjang lain misalnya CD scan otak atau MRI otak. Penangan selanjutnya tergantung dari hasil pemeriksaan penunjang tersebut. Bila ada perdarahan otak mungkin sekali pasien akan disarankan untuk dilakukan operasi untuk menghentikan peradarahannya (semoga ini tidak terjadi).

    Bila pasien masih mengeluh adanya rasa mual dan muntah, ini menunjukkan pasien belum sembuh dari Geger otaknya. Pasien mesti istirahat baring di atas tempat tidur.

    Tentang makanan sebaiknya yang mudah dicerna seperti bubur dan lauk pauknya. Sebaiknya pasien demikian dirawat oleh Dokter Ahli Syaraf (Neurolog) edi Rumah Sakit.

    Penyembuhan juga tergantung dari respons pasien terhadap penanganan di RS, obat2an dan respons pasien sendiri terhadap efek benturan di kepalanya. Tubuh akan memperbaiki diri sendiri. Bila keadaan makin berat, pasien memerlukan bantuan tindakan Dokter selanjutnya.

    Harap sabar dan banyak berdoa kepada Tuhan semoga diberikan kesembuhan.

    Demikian jawaban saya, semoga dapat membantu.

    Salam.

    BalasHapus
  26. hendi9:52 PM

    Dok 3 hari yang lalu saya mengalami kecelakaan sepeda motor ber 2 sama istri
    Tapi istri saya lukanya cukup parah di banding saya, ia mndapat 7 jahitan di kepala dan memar di belakang telinga, yang saya khawatirkan sekarang ia mengalami muntah muntah, tapi jarang muntahnya, sehari bisa 3kali gitu dok,dan kadang suka sakit kepala, tapi kata dokteryang di sini gak apa apa katanya,trus saya harus gimana dok??tapi saya khawatir sama keadaan istri saya dok.

    BalasHapus
  27. To Hendi,

    Membaca kisah anda kemungkinan besar isteri anda menderita Geger otak ( Commotio cerebrei ). sebaiknya dirawat di RS utk observasi beberapa hari. Bila dlm 2-03 hari keluhan bertambah diperlukan pemeriksaan lebnih lanjut spt CT Scan, MRI utk melihat apakah ada peradarahan Otak/ tidak.

    Bila dlm observasi itu keluhan menghilang, berarti tidak ada gangguan lain. Keluhan mual dan muntah akan hilang. Mungkin keluhan sakit kepala masih ada, yg berangsur-angsur akan hilang.

    Kalau dokter anda bilang tidak apa-apa, apakah sudah dilakukan pemeriksaan CT scan atau MRI atau tidak? Kalau tidak dilakukan pemeriksaan tsb kita tidak tahu selanjutnya.

    Iya berdoa sajalah mohon kesembuhan dan tidak ada gejala lain yg lebiuh hebat.

    Beristirahatlah di tempat tidur di rumah, selama masih ada mual dan muntah. Upayakan agar posisi kepala lebih rendah dari posisi kaki. Bed bagian kaki di ganjal dengan kayu kira-kira 40 Cm. Minumlah tablet Parasetamol, sehari 3 x 1 tab sebagai anti nyeri dan tablet Vomitas sehari 3x1 tab, sebagi anti mual dan muntah, yg dapat dibeli di Apotik terdekat.

    Semoga membantu, tapi bila keluhan makin bertambah sebaiknya diperiksakan di RS terdekat yg ada fasiolkitas pemeriksaan CT scan / MRI kepala.

    Salam.

    BalasHapus
  28. Dokter..saya berusia 43tahun..tiga malam yang lalu saya jatuh dari ketinggian sekitar 2 meter,dan kepala sebelah kanan saya benjol..saat jatuh pikiran saya sempat kosong sesaat dan setelah bangun dari jatuh,saya tidak merasakan apapun,tidak ada muntah,tidak ada pusing yang ada hanya sakit karena benjolan dikepala...berberapa saat kemudian saya merasakan tubuh saya agak terasa lebih dingin dan seperti mau menggigil..lalu saya memilih tidur....sekarang sudah hari ketiga dan saya tidak merasakan apapun,tidak juga muntah dan sebaginya..hanya kadang disaat memejamkan mata saja seperti agak pusing kepala dan dua hari terakhir ini disetiap saya menyedot dahak dari rongga hidung saya,,kadang kadang ada darahnya..apa pendapat dokter.???

    BalasHapus
  29. To Andre Guan,

    Seseorang yg mengalami Trauma capitis (benturan pada kepala) dan mengalami gangguan spt sakit kepala, pusing, keluar darah dari lubang telinga, lubang hidung, sebaiknya dibuatkan Foto Rontgen Tengkorak dengan 2 posisi: Depan belakang ( Antero-posterior) dan Lateral ( dari samping).

    Fungsi Foto ini adalah utk mengetahui adakah kelaian pada tulang tengkorak ( patah tulang ), dan adakah perdarahan di dalam kepala?

    Anda mengeluh dahak anda bercampur dengan darah.
    Apakah anda juga mengeluh ada batuk sebelum terjadi Trauma capitis ini? Kalau benar ada batuk, buatlah juga Foto Thorax ( Jantung dan paru2), utk melihat adakah kelaianan pada saluran nafas anda, misalnya Flek paru-paru dll.

    Setelah dibuat ke 2 foto ini berkonsultasilah kepada Dokter terdekat utk mendapatkan advis pengobatannya.

    Semoga dapat bermanfaat.

    Salam.

    BalasHapus
  30. dok, saya mau tanya... kemarin kakak saya kecelakaan tunggal..dan langsung d larikan kerumah sakit..keluhan nya pusing dan sakit kepala,,tapi berhubung hasil ct scan belum keluar, pihak rs belum memberitahukan keadaan sebenarnya. yg saya ingin tanyakan, apa itu bisa jadi gejala cederea kepala??
    Salam, Terimakasih.

    BalasHapus
  31. To Faa,

    Setelah terjadi kecelakaan lalu lintas dan cedera pada Kepala, maka seseorang dapat mengalami: Geger otak ( Commotio cerebri ) atau yg lebih berat lagi adanya peradarahan di dalam kepala. Untuk menentukannya mesti dibuat Foto Kepala atau kalau memungkinkan dibuat CT scan pada kepala.

    Pada Geger otak ada gejala: perasaan mual, muntah dan tidak sadar selama beberapa menit. Pada perdarahan kepala gejala dapat lebih berat lagi seperti sakit kepala dan pasien tidak sadar dalam w2aktu yg lebih lama lagi.

    Pasien mesti diobservasi dalam Rumah Sakit. Memang betul sebelum melihat hasil Foto kepala atau CT scan dokter belum dapat memastikan Diagnosa nya.

    Semoga dapat membantu.

    Salam,
    Basuki Pramana

    BalasHapus
  32. Dok temen saya mengalami gegar otak ringan kata dokter yg merawatnya, saya mau tanya kepada dokter mengenai yg dialami teman saya ini.. berikut kronologisnya..
    Saat bermain sepeda teman saya jatuh dijalan yg memiliki turunan agak tajam, saat dia terjatuh sepertinya kepalanya mengenai setang sepeda bagian kanan, dan setelah jatuh langsung pingsan dan sempat sadar beberapa detik saja dan dia mengeluarkan darah dari telinga..
    Dan dalam perjalanan ke RS dia mengalami muntah..
    Setelah masuk ke UGD dokter menyarankan untuk dilakukan operasi untuk membersihkan darah yg membeku pada otak, tapi keluarga menolak dan akhirnya dokter mengambil alternatif untuk menyedot darah dari hidnug. Dan setelah itu dokter memindahkannya ke ruang ICU, katanya agar pasien lebih tenang.
    kemudian dari hari pertama dia belum sadar tapi tangan masih bisa bergerak, hari kedua sudah mulai bisa membuka mata sesekali, kemudian dia sudah bisa bicara sepatah dua patah kata..
    Kata dokter dia masih dalam pemulihan mengumpulkan ingatan / memori nya secara bertahap.
    Nah dalam kasus seperti ini apakah teman saya bisa sembuh dengan cepat atau butuh bebrapa waktu yg lama untuk pemulihannya.. Dan kira-kira ada obat tradisional tidak untuk bisa membantu dalam pengobatannya tsb.

    Terimakasih

    BalasHapus
  33. To Hachi.go,

    Bila setelah terjadi benturan pada kepala dan ada perdarahan melalui telinga atau hidung kemungkinan besar terjadi retak / patah tulang dasar tengkorak.

    Saran dokter tadi sudah benar tetapi karena alasan lain ( tidak ada biaya dll ) , mka apsein / keluarga pasein menolak operasi.

    Pada kasus ini kesembuhan memerlukan waktu, beberapa minggu / bulan tergantung banyak hal.

    Pengobatan tradisionil untuk kasus ini rasanya tidak ada. Kalau terjadi perdarahan di daerah kepala, maka tindakan operasi akan lebih baik, tetapi ini memerlukan biaya besar. Terapi lainnya tergantung kepada dokter yang menanganinya.

    Salam.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih atas balasannya..
      Alhamdullillah teman saya sekarang sudah mulai membaik, sudah keluar dari RS juga, dan sudah mulai mengingat kembali.. Oya dok, saya lupa menginformasikan bahwa darah yg keluar bukan berasal dari Otak yg retak, tapi dari telinga yg mengalir ke otak kecil karena itu dokter memilih jalan menyedot darah lewat hidung, karena dokternya menginformasikan hasil cityscan otak alhamdulillah dalam keadaan baik. Dan alhamdulillah jg dokter syaraf di RS sangat mengerti dan memberikan jalan keluar yg baik.
      dan alasan keluarga memilih untuk tidak operasi, karena trauma dengan kasus operasi pada otak yg mengakibatkan kehilangan nyawa anggota keluarga. Setelah satu minggu pasien dibolehkan pulang, dengan catatan rawat jalan..

      skali lg thanks atas jawabannya dok.
      rgrds

      Hapus
    2. To Hachi.go,
      Turut gembira teman anda sdh keluar RS.
      Salam

      Hapus
  34. Anonim11:49 AM

    dok, kemarin kan aku nabrak orang. setalh di larikan ke klinik lalu di observasi 30 menit ternyata koban tersebut mengalami muntah" dan sedikit pusing kepala. dari klinik lalu di sarankan di rujuk ke rumah sakit, setelah di bawa ke rumah sakit lalu dilakukan CT scan kepada kepala si korban dan melihat hasil keesokan harinya ternyata dari hasil tersebut semua normal tidak ada pendarahan di dalam otak dan lain lain.tetapi hanya terdapat bengkak yang tidak terlalu besar dikepala. setelah pulang dari rumah sakit besoknya si korban tetap mengalami pusing kepala dan muntah hingga beberapa hari kedepan. padahal bukti ct scan telah menyatakan bahwa bagian kepala tidak mengalami hal hal yang parah seperti pendarahan.
    ituuu kenapa yahh dok ?
    tetapi si korban memang bnyak riwayat penyakit.

    BalasHapus
  35. To Anonim,

    Seseorang yg mengalami Trauma capitis ( benturan pada kepala ) bisa mengalami Commotio cerebri ( geger otak ). Geger otak dapat yang ringan dan yang berat.

    Geher otak yang ringan akan mengeluh sakit kepala dan sering ada rasa mual dan muntah. Pada CT scan tidak ada kelainan. Geralka tsb bisa terjadi karena akibat benturan di kepala dan ada sedikit gangguan pada daerah otak.

    Mengatasinya dengan bedrest ( istirahat di tempat tidur )selama beberapa hari. Bisa di Rumah Sakit ( lebih baik karaena untuk diobeseravasi, bila terjadi keluhan yang lebih berat dapat segera diatasi), bisa dirumah. Sebaiknya pasien jangan melakukan akitifas sehari-hari, bedrest dahulu selama beberapa hari.

    Minum tablet penghilang rasa nyeri dan tablet anti muntah. bDalam beberapa hari keadaan akan membaik dan boleh melakukan aktifitas sehari-hari.

    Salam,

    BalasHapus
  36. Siang dok.
    Bpk saya sdh 10thn Stroke lumpuh setengah bag kanan. 3 minggu yang lalu bpk saya ditabrak trus jatuh ada luka robek di bag kanan bawah dekat telinga. menurut RS bpk saya terkena gegar otak dan 2 hari setelah ditabrak lalu dioperasi karena ada retak dan pendarahan. saat ini sdh plg dr RS. Kondisi bpk saya, lupa ingatan, keluar air liur, bicara masih ngaco, kdg matanya ga lihat. Kondisi sprti ini bisa sembuh total apa tidak dok, Terima Kasih.

    BalasHapus
  37. To Unknown,

    Bagaimana bisa Bapak anda yg Stroke, lumpuh setengah badan, bisa tertabrak kendaraan?

    Luka didaerah kepala sampai ada retak tulang dan perdarahan berarti Trauma capitis ( bentutan di daerah Kepala ) nya cukup hebat. Untuk menghentikan peradarahan sampai dilakukan operasi

    Kondisi kesehatan Bapak anda cukup memprihatikan. Kesembuhannya ada banyak faktor yang mempengaruhinya antara lain faktor Usia ( berapa usia Bapak anda saat ini?), respon tubuh Bapak anda terhadap benturan di kepala, pengobatan yg diberikan dll.

    Berdoalah semoga Bapak anda segera sembuh. Amin.

    Salam,

    BalasHapus
  38. Pagi dok,2 hari yg lalu sekitar pukul 1 pagi anak saya jatuh dr kasur dngn ketinggian kurang lbh 50cm (mungkin). Pas pagi2 bangun tidur sekitar pukul 7 anak saya muntah (dahak) 2 kali.saya bawa k dokter malah blng gpp (dokter blng radang tenggorokan) cmn d kasih antibiotik dan obat batuk.trus mlmnya sekita pukul 8 dia muntah lg(makanan yg blm tercerna), dan sekitar pukul 11 mlmnya dia menjerit2 demam tinggi terus panasnya turun. Semenjak jatuh dia jd panas (demam).mnrt dokter hrskah anak saya d CT scan?skrg ktnya msh suka pusing

    BalasHapus
  39. To Saiful Bahrur,

    Seseorang yg mengalami benturan kepala ( trauma capitis ), misalnya dipukul, terbentur benda keras atau terjatuh kepala terbentur lantai, bisa mengalami geger otak ( ringan, sedang dan berat ).

    Gejala Geger otak bisa: sakit kepala, muntah2, lupa kejadian tsb.
    Bila ada kesempatan tidak ada salahnya putra anda di lakukan CT scan utk mengetahui adanya perdarahan di dalam kepala atau tidak. Bila ada perdarahan, maka gejalanya akan makin berat dari hari ke hari berikutnya.
    Pasien harusw istirahat baring di tempat tidur dahulu sampai gejala sakit kepala , muntah2 nya hilang.

    Berkonsultasilah dengan Dokter Praktek terdekat dan minta surat pe3ngantar utk melakukan CT scan di Lab. Klinik terdekat atau di Rumah Sakit terdekat.
    Semoga lekas sembuh.

    Utk mencegah jatuh dari tempat tidur, berilah pengaman berupa guling di pinggir ranjang atau letakkan kasur kecil dilantai tempat ia tidur. Jadi kalau terjatuh, kepala tidak kena benda keras (lantai).

    Salam.

    BalasHapus