Senin, Februari 22, 2010

Losartan dan Disfungsi ereksi





Kemarin saya membaca artikel hasil penelitian tentang obat Losartan sebagai anti Hipertensi yang menarik perhatian.

Jumlah penderita Darah Tinggi ( Hiperteni ) di seluruh dunia cukup tinggi. Pengobatan Hipertensi memerlukan waktu yang cukup lama, nyaris seumur hidup. Penyakit ini mempunyai faktor gentik / keturunan. Bila orang tuanya pemderita Hipertensi, maka keturunannya dapat juga menderita penyakit yang sama.

Obat anti hipertensi ada yang alami ( Daun Seledri, Buah Belimbng, Daun Salam dll ) dan ada yang buatan pabrik / farmasi ( tablet ).

Banyak ragam tablet anti hipertensi ini, a.l. golongan : CCB ( Calcium Channel Blocker ), Beta Blocker, ACEI ( Angiotensin Converting Enzym Inhibitor ), ARB ( Angiotensin Receptor Blocker ) dll.

Kalau membaca Brosure masing-masing obat tsb dengan teliti maka hampir semua obat anti hipertensi mempunyai efek gangguan fungsi reksi pada kaum Pria. Pada usia di atas 40 tahun kaum Pria sering mengalami Disfungsi Ereksi. Bila mereka juga menderita Hipertensi mereka menanggap itu sudah biasa. Padahal secara tidak sadar D.E. yang dideritanya itu dapat disebabkan efek samping dari obat anti hipertensi yang dikonsumsinya dalam jangka lama.

Sebuah artikel salah satu obat anti hipertensi Losartan yang tergolong ARB dapat memperbaiki gangguan fungsi seksual pada kaum Pria.

http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/113707797, 1: Am J Med Sci.2001 May; 321 (5): 336-41, Disfungsi seksual pada pasien-pasien Hipertensi disembuhkan oleh Losartan.

Pada penelitian ini dipilih penderita dengan Tekanan darah diatas / sama dengan 140/90 mmHG, usia antara 30-65 tahun, dosis Losartan 50-100 mg/hari ( 1 tab = 50 mg ), jumlah pasien Hipertensi dengan D.E. 82 dan tanpa D.E. sebanyak 82 orang.

Setelah 12 minggu pengobatan didapat hasil:

Terhadap kehidupan seksual:
7,5 – 58,5%: mengalami perbaikan kepuasan seksual.
40,5 – 62,3%: mengalami perbaikan aktifitas seksual dengan frekwensi yang tinggi.

Terhadap kwalitas hidup:
73,7%: penderita mengalami perbaikan kwalitas hidup.
25,5%: tidak ada perbaikan.
0,8%: makin buruk.

Kesimpulan dari penelitian ini: Losartan memperbaiki fungsi ereksi, kepuasan dan meningkatnya aktifitas seksual.

---

Sampai saat ini di negara kita Losartan sudah dipasarkan dengan nama paten dari perusahaan obat: Fahrenheit, Kalbe Farma, Merck, Intebat, Kimia Farma dan Sandoz. Harga per tablet 50 mg berkisar antara Rp. 6.600 – Rp. 9.333,- ( neto ). Belum ada tablet generik dari obat anti hipertensi ini.

4 komentar:

  1. Artikel yang bagus. Obat generiknya sudah ada Pak dan saya sudah memakainya lebih dari setahun yang lalu, satu dikeluarkan oleh Hexpharm satunya lagi saya lupa perusahaan farmasinya.

    BalasHapus
  2. To Bewe,

    Terima kasih anda sudah berkunjung.
    Benar, Losartan sekarang sudah ada generiknya dari perusahaan Hexapharma, dgn harga sekitar Rp. 4.000,- an.

    Salam.

    BalasHapus
  3. adakah yang lebih murah dari produk hexapharma?

    BalasHapus
  4. To Lubis,

    Losartan 50 mg ( nama generik ) produksi pabrik Hexapharm pada saat ini yg paling murah. Harga jual di Apotik Rp. 5.100,- / tablet. Losartan, nama patentnya sudah banyak diproduksi spt: Kaftensar ( Kimia Farma ), Sartaxal ( Sandoz ), Insaar ( Interbat ) dll dgn harga jual yg lebih mahal.

    Semoga bermanfaat.

    Salam.

    BalasHapus