Jumat, Februari 17, 2012

Monyet





Kemarin siang dalam perjalanan pulang dari kota Bandung ke Cirebon, saya dan isteri melihat pemandangan yang unik. Di daerah antara Jatinangor dan Sumedang kami melihat ada beberapa kelompok Topeng Monyet ( seekor Monyet diberi Topeng dan pakaian ).

Kesempatan itu saya  abadikan dalam beberapa foto saat mobil berjalan lambat karena padatnya lalu lintas di daerah tersebut. Saya yang duduk di sebelah Supir dapat mengambil foto dengan leluasa.

Monyet itu berukuran tubuh kecil, kurus, dan memakai Topeng. Kami merasa Monyet itu akan sukar bernafas sebab hidungnya tertutup oleh Topeng yang dipakainya. Monyet itu akan berakting, menari dengan gerakan bebasnya dengan diirngi music ala kadarnya dari sebuah Gendang. Orang-orang yang melewati mereka  diharapkan akan memberikan sekedar uang kecil untuk mereka. Monyet itu dimanfaatkan oleh sekelompok pemuda untuk mencari uang. Rupanya mereka melakukannya setiap hari tepat di pingggir jalan raya itu.

Setelah mobil kami melaju beberapa puluh meter dari kelompok itu kami melihat ada lagi kelompok Topeng Monyet yang lain. Sedikitnya kami melihat ada 3 kelompok seperti itu.

Saya pernah melihat siaran disebuah channel TV Nasional, Monyet-monyet dimanfaatkan oleh orang untuk mengambil buah Kelapa yang siap dipanen. Monyet-monyet itu dengan gesit memanjat pohon Kelapa yang puluhan meter tingginya dan menjatuhkan buah-buah Kelapa dengan bilangan menit saja. Setelah dirasa cukup Monyet itu turun dari pohon kelapa dan  akan memanjat pohon-pohon Kelapa yang lain yang akan dipetik buahnya. Monyet itu mengerti buah Kelapa mana yang mesti dijatuhkan dari pohonnya. Rupanya mereka sudah terlatih memilih buah Kelapa yang siap dipetik.

Luar biasa ide mansia untuk memanfaatkan tenaga Monyet untuk  membantu tugas manusia. Kalau manusia yang memanjat dan memetik buah kelapa rasanya akan kelelahan saat memanjat sebuah pohon Kelapa, apalagi banyak pohon yang harus dipanjatnya. 

Dengan memberi makan buah-buhan dan merawatnya, maka Monyet-monyet itu sangat membantu pekerjaan majikannya. Mereka tidak pernah menuntut kenaikan Gaji yang memang tidak pernah mereka dapatkan.

Selamat pagi.-

2 komentar:

  1. tapi kasian pak kalo untuk dijadikan topeng monyet.. harusnya sekali-kali gantian abangnya yang show.. monyetnya yang jadi hostnya hahaha.. salam kenal pak.. nice info

    BalasHapus
  2. To Inmarsat,

    Iya mereka hewan yang malang.
    Terima kasih sudah berkunjung dan memberi tanggapan.

    Salam

    BalasHapus