Senin, Juli 28, 2014

Rekreasi warga Panti Wreda Kasih ke Gronggong



Seksi Kerohanian Panti Wreda Kasih Cirebon yang diketuai oleh Pak T mempunyai rencana kerja mengajak warga panti untuk rekreasi setahun 2 kali. Kali ini 8 Juni 2014 warga Panti diajak untuk makan malam bersama di Rumah Makan Salt yang berlokasi di daerah Gronggong, Cirebon. Rumah Makan ini terletak di daerah yang lebih tinggi dari daerah pantai. Pemandangannya bagus dilihat pada saat matahari akan tenggelam. Pada malam hari akan tampak lampu kelap kelip di kota Cirebon yang berjarak sekitar 10 km dari lokasi Rumah makan.

Peserta terdiri dari 10 orang warga Panti, 3 orang karyawan Panti, 11 orang Pengurus Panti dan seorang pengemudi. Semua peserta berkumpul di gedung Panti pada pukul 16.30. Penulis menyertai rombongan ini. Sebelum berangkat rombongan berdoa terlebih dahulu yang dipimpin oleh Pak T, kami berharap agar rombongan selamat dalam perjalanan pulang-pergi.

Pukul 16.40 rombongan yang terdiri dari Minibus gereja dan 2 sedan pribadi milik pengurus Panti berangkat menuju lokasi Rumah Makan Salt. Perjalanan berjalan mulus, lancar dan tidak macet. Pukul 17.05 rombongan tiba di lokasi dengan selamat.

Para peserta memasuki Rumah Makan dan mengambil tempat dibagian belakang Rumah Makan. Dari tempat duduk rombongan dapat melihat pemandangan yang indah. Di kejauhan tampak bangunan dan rumah penduduk kota Cirebon. Penulis mengambil foto untuk kenang-kenangan yang belum tentu dapat diulang untuk kedua kalinya.

Sebelum kedatangan kami Ibu ML sudah memesan terlebih dahulu menu makanan yang terdiri dari: nasi putih hangat, sayur asam, tahu-tempe goreng, udang goreng, sayur karedok, ayam bakar yang dibawa oleh Ibu ML dan air teh hangat. Doa makan dipimpin oleh Pak H selaku Ketua Panti Wreda Kasih. Hidangan yang cukup sederhana ini tidak mengurangi selera makan para peserta.

Peserta dapat menikmati makan malam yang diselingi obrolan diantara peserta dalam suasana santai dan gembira. Kami para Pengurus Panti bersyukur para warga Panti dapat merasakan suasana makan malam yang berbeda dengan makam malam di Panti yang selama bertahun-tahun telah dijalani oleh mereka. Makanan cukup tersedia dan bila kurang dapat menambah nasi putih atau lauk pauknya.

Setelah dirasa cukup dan perut kenyang, peserta berfoto bersama di ruang tengah Rumah Makan ini. Agar seluruh peserta dapat diambil fotonya, maka penulis menggunakan alat Tripoid untuk menyangga kamera yang akan mengambil foto seluruh peserta. Kami melihat para warga Panti tampak santai, bergembira dan dapat menikmati makan malam mereka.

Pukul 18.10 seluruh peserta memasuki mobil masing-masing dan kami meninggalkan Rumah Makan Salt dan menuju kota Cirebon kembali. Rombongan tiba dengan selamat di gedung Panti dan selesai sudah acara makan malam bersama ini. Kami bersyukur tidak ada peserta yang mengalami gangguan kesehatan dalam rekreasi kali ini. Sampai jumpa di acara makan bersama di lain waktu.-

6 komentar:

  1. Dok, saya penasaran. Pernahkah Anda bertemu biarawati (suster katolik) di panti wredha?

    BalasHapus
  2. To Kencana yang rajin berkunjung,

    Saya melayani di Panti Wreda Kasih Cirebon milik gereja kami, Gereja Kristen Indonesia ( Protestan ). Disini ada Ibu Panti ( bukan biarawati) dan 3 orang karyawan ( juru masak, laundry dan pesuruh). Jadi saya tidak pernah bertemu dengan biarawati. Panti ini dikelola oleh Pengurus Panti ( 12 orang, ada Ketua, Sekretaris, Bendahara dan para Anggota ) dan saya menjadi anggota, merangkap Seksi Kesehatan.

    Di dekat Panti ini juga ada Panti Wreda yang dikelola oleh gereja Katolik. Disini dilayani oleh suster, biarawati. Saya belum pernah berkunjung ke Panti ini.

    Demikian agar maklum.

    Salam.

    BalasHapus
  3. Terima kasih, Pak.

    Kira-kira berapa harga panti wreda/panti jompo sebulan? Siapa tahu tuanya saya berniat ke sana.

    BalasHapus
  4. To Kencana,

    Tiap warga Panti Wreda ini dikenakan partisipasi sebesar Rp. 1 juta / bulan, mengisi Formulir pendaftaran, beragama Kristen, melampirkan Foto Thorax ( Jantung Paru-paru), ada keluarga yg dapat dihubungi dan lainm-lain. nanti Ketua Pengurus Panti yg akan memutuskan diterima / tidak calon warga Panti ini.

    Demikian semoga dapat membantu.

    Salam.

    BalasHapus
  5. Boleh minta alamat panti wreda nya pak?

    BalasHapus
  6. TO Intan Nurcahya,

    Panti Wreda Kasih, Jl. G. Merbabu I, RT 03, RW 08, Perumnas Cirebon, Telp. 0231 8491682.

    Salam,

    BalasHapus