Senin, Agustus 15, 2011

Bayar Kontan atau Kredit



3 hari yang lalu saya membutuhkan Buku MIMS edisi terbaru untuk mengetahui obat-obat produksi terbaru.

Saya segera meluncur ke Toko Buku Gramedia, suatu TB yang lengkap dengan bermacam-macam buku yang terletak di Grage Mall, suatu Mall terbesar di kota Cirebon. Disini terdapat Mall, Hotel Grage, Public swimming pool, dll.

Di Toko Buku ini saya  segera menjumpai Buku yang saya cari, suatu Index of Medical Specialities, edisi bahasa Indonesia, www.mims.com . Buku ini merupakan edisi terakhir yaitu Volume 12, 2011.

Harga buku ini di label harga terlihat Rp. 130.000,- Harga buku saat ini makin mahal. Buku ini saya butuhkan, maka mau tidak mau buku ini harus saya beli juga.

Saat saya akan membayar harga buku ini di Kasir, saya bertanya ( sudah tau kok nanya lagi, dapat bayar dengan KK, belanja  minimal Rp. 50.000,- ) “Mbak, apakah saya bisa bayar dengan Kartu Kredit?” sambil menyodorkan BCA card saya.

“Oh..bisa Pak. Kalau pakai Kartu Kredit BCA dapat diskon 10 %” ia menjawab.

“Ini kartu saya, mbak.”

Saya membatin: kalau bayar kontan mestinya lebih murah atau kalau bayar kredit bayar bulan depan mestinya harga lebih mahal.

Ini kok terbalik ya, bayar kredit bahkan diberi diskon 10 %. Jadi lebih murah. Makin banyak beli buku dan bayar pakai kartu Kredit ini akan lebih banyak diskonnya.

Saya kurang paham,  bagaimana mendapat keuntungnnya dengan sistim pembayara yang demikian ini?

2 tahun yang lalu saya membeli beberapa buku seharga sekitar Rp. 200.000,- an tepat hari ulang tahun saya. Saya mendapat diskon 10 % juga dari Toko ini. Saya juga tidak mengetahui dari mana mereka mempunyai tanggal hari ulang tahun saya.

Semuanya itu merupakan promosi yang positip agar masyarakat berbondong-bondong belanja buku di Toko ini. Semoga Toko ini makin laris. Amin.-

2 komentar:

  1. dok, tadinya saya pikir buku MIMS ini diberikan secara cuma2 oleh para med rep kepada para dokter langganan... ternyata harus beli juga tho...

    BalasHapus
  2. To Michael,

    Saya membutuhkan buku itu saat ini.
    Kalau minta bantuan dari Medical Representative, perlu proses yg cukup lama, bisa sampai 1-2 bulan.

    Saya tidak sabaran. Lebih baik beli sendiri saja dan tidak ada ikatan apa-apa dengan pihak lain.

    Kalau diperlukan sekali, bisa browsing ke websitenya: http://www.mims.com

    Saya lebih suka dalam bentuk print outnya shg dapat saya coret pakai Spidol warna Kuning, mana-mana yang penting.

    Salam

    BalasHapus