Minggu, Maret 10, 2013

Mengikuti KPPIK FKUI 2013 di Jakarta

Tanggal 2 dan 3 Maret 2013 saya dan isteri menyikuti KPPIK FKUI ( Kursus Penyegar dan Penambah Ilmu Pengetahuan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia ) yang diadakan di Hotel The Ritz-Carlton Jakarta, Mega Kuningan Jakarta ( www.ritzcarlton.com/jakartahotel ).

Kami dari kota Cirebon naik kereta api Argo Jati yang paling pagi, pukul 05.45 dan tiba di stasiun Gambir, Jakarta pukul 08.35. Dengan diantar oleh adik ipar saya. Mobil segera meluncur ke daerah Mega Kuningan. Lokasi hotel ini bersebrangan dengan Hotel Marriot Jakarta. Untuk masuk ke Lobi Hotel, mobil kami diperiksa ketat oleh petugas keamanan Hotel The Ritz-Carlton. Kap mesin dan bagasi diminta untuk dibuka. Setelah dirasa aman, maka mobil kami diperbolehkan parkir di depan Lobi Hotel. Kami berpisah dengan adik ipar saya disini. Ia segera meluncur meninggalkan Hotel.

Kami segera melakukan check in di Front office Hotel ini. Kami mendapat kamar di lantai 11. Setelah menyimpan Koper pakaian, kami segera menuju lantai 2, tempat Simposium KPPIK ini. Kami melakukan Registrasi dan mendapat perlengkapan sebagai peserta ( participant ) Simposium seperti papan Nama, jadwal Simposium dan lain-lain.
Oleh karena kami datang sudah pukul 10.00 an, sedangkan acara Pembukaan dimulai pukul 08.00, maka kami tidak sempat mengikutinya. Acara Simposium serentak dilangsungkan di 3 ruangan Ballroom dengan materi yang berbeda-beda. Di depan Ballrooms ini ada stand pameran dari berbagai Pabrik Obat.

Wuih... peserta Simposium ini banyak sekali, mungkin ada lebih dari 1.000 dokter peserta, baik dari kota Jakarta dan kota-kota lain. Kami sempat berfoto di depan stand salah satu pabrik obat dan stand Coca-cola yang juga turut berpartisipasi dalam acara Simposium ini.

Pukul 12.30 ada cara Lunch ( makan siang ) bersama yang bertempat dilantai Ground floor. Menu yang tersedia cukup bagus dan cukup tersedia bagi peserta Simposium ini.
Selesai Lunch, para peserta dipanggil oleh Panitia melalui pengeras suara untuk segera memasuki 2 Ballroom untuk mengikuti acara Simposium dengan materi yang cukup padat. Selesai acara symposium seperti biasa ada acara Diskusi ( Tanya jawab ). Acara yang beraneka ragam mini cukup menarik dokter peserta yang kebanyakan adalah Dokter Umum.

Hari Minggu 3 Maret pagi sekitar pukul 07.00 kami menuju lantai 1 untuk menikmati sarapan pagi ( breakfast ) di Rumah Makan Hotel. Ruangan yang cukup luas, suhu udara yang sejuk dan menu yang cukup bagus ( makanan Indonesia, Barat ) tersedia dengan jumlah yang cukup memadai.
Pukul 8.15 kami menuju lantai 2 kembali untuk memasuki Ballroom nomer 2 untuk mengikuti acara Simposium. Pada akhir Simposium hari kedua ini, setiap dokter peserta mendapatkan selembar Sertifikat dengan 12 SKP ( Satuan Kredit Profesi ) yang diperlukan untuk perpanjangan Surat Registrasi dan Surat Ijin Praktik ( SIP ).

Selesai mengikuti Simposium kami menuju stasiun kereta api Gambir, naik Taksi Blue Bird yang sudah kami pesan pagi hari melalui Front office Hotel. Malam hari kami tiba kembali di Cirebon dengan selamat. Wah…cape juga hari ini.-