Kamis, Mei 27, 2010

Kok bisa sakit






Pagi ini datang berobat Pak N, 40 tahun.
Ia pasien baru pertama kali berobat.

Saya bertanya kepadanya “Anda tahu dari siapa kalau saya praktik disini?”

Pak N menjawab “Saya dapat informasi dari kawan saya yang pernah berobat kepada Dokter.”

“O..begitu. Keluhan anda sebenarnya apa? Tampaknya anda tidak sakit.” saya bertanya.

“Saya juga heran, Dok. Mengapa saya mendadak sakit Flu dan batuk sejak 2 hari, padahal saya hidup teratur, makanan 4 sehat 5 sempurna, cukup tidur, olah raga teratur. Kok bisa sakit juga ya.” Pak N menjelaskan.

Saya dengan guyon bertanya “Semua teratur, ya bagus, tapi sedekahnya teratur tidak?”

Pak N diam, tidak menyangka mendapat pertanyaan yang enteng, tetapi berat menjawabnya.

Saya berkata lagi “ Pak N, meskipun kita hidup teratur, makan teratur, olah raga teratur, suatu saat bisa saja kita sebagai manusia biasa akan mendapat sakit. Kalau Flu saja kan biasalah. Enteng. 4-5 hari juga akan baik sendiri kalau daya tahan tubuh kita kuat.”

Pak N mendengarkan perkataan saya dengan manis.

Saya melanjutkan “Jangankan orang biasa, para dokter-pun bisa jatuh sakit, bahkan mati sekalipun kalau sudah tiba waktunya. Jadi jangan heran kalau anda saat ini jatuh sakit Flu. Hidup ibarat sebuah Roda yang berputar. Suatu saat kita ada di atas dan lain waktu kita ada di bawah. Semua sudah ada yang mengaturnya. “

Pak N menjawab “Benar juga ya Dok.”

Saya melanjutkan “Pak N, sebagai manusia kita tidak ada apa-apanya dibandingkan dengan Sang Pencipta. Semua harta, kekayaan, jabatan dll kalau Tuhan mau ambil, mudah saja. Dengan gempa bumi berkekuatan 7 Skala selama 5 menit saja, semua akan hancur dan lenyap ditelan bumi. Dalam sekejap akan hilang tidak berbekas. Benar begitu Pak?”

Pak N mengangguk-anggukkan kepalanya, membenarkan ucapan saya.
Saya bersyukur kalau Pak N sependapat dengan saya. Amin.-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar