Senin, Mei 10, 2010

Kurang tidur bisa cepat mati






Semua mahluk hidup,termasuk manusia membutuhkan tidur atau istirahat.
Ibarat sebuah Handphone bila Low batere, maka tidak akan dapat sinyal dan tidak dapat dipergunakan untuk berkomunikasi.
Manusia pada saat tidur, otak seolah distrom kembali sehingga pada saat bangun tidur tubuh terasa segar.

Lamanya tidur juga harus mendapat perhatian.
Mirip batere Handphone yang distrom kurang dari waktu yang ditetapkan pabriknya akan kurang punya daya / power. Sering terlalu lama distrom, batere bisa jebol / rusak.

Manusia juga begitu.
Terlalu sedikit tidur, akan menyebabkan cepat mati.
Terlalu banyak tidur, akan menyebabakan kematian dini.

Jadi manusia tidur dalam waktu yang tepat.
Ikutilah berita dibawah ini:

---

Hati-hati jika Anda sering kurang tidur atau mengalami kesulitan tidur. Para peneliti medis di Italia menyimpulkan bahwa orang yang tidur kurang dari 6 jam setiap harinya, 12 persen lebih cepat mati--sebelum usia 65—dari pada mereka yang tidur antara 6 sampai 8 jam sehari.

Tim peniliti dari Universitas Warwick dan Universitas Federico II di Naples telah melakukan analisa terhadap 16 macam studi yang melibatkan 1,3 juta orang responden ( cukup banyak sample yang dipakai ) sebelum mengambil kesimpulan itu.

Mereka menyatakan bahwa studi telah membuktikan kesulitan tidur berkaitan langsung dengan Penyakit Jantung, Tekanan darah tinggi, Obesitas ( Kegemukan ), Diabetes tipe 2 ( Kencing Manis yang timbul saat usia dewasa ) dan kadar Kolesterol tinggi.

Namun demikian, para peneliti itu juga menyatakan bahwa tidur yang berlebihan juga bisa menyebabkan kematian dini. Disebutkan bahwa mereka yang tidur lebih dari 9 jam sehari, 30 persen lebih cepat mengalami kematian dini. Tidur terlalu lama bahkan bisa menjadi pertanda bahwa seseorang tengah mengalami penyakit tertentu seperti depresi dan beberapa jenis kanker.

Profesor Francesco Cappuccio, Pemimpin Tim Sleep, Health and Society Programme di Universitas Warwick mengatakan, "Jika tidur yang terlalu pendek bisa merusak kesehatan, dan tidur terlalu lama adalah tanda-tanda seseorang yang tidak sehat." Karena itu tidurlah dalam waktu yang cukup, yakni antara 6 sampai 8 jam sehari.

( Sumber: Liputan6.com )


Jadi jangan anggap enteng masalah Tidur. Ternyata Tidur perlu mendapat perhatian kita semua, kalau mau hidup sehat dan panjang umur. Paling tidak menurut penelitian para peneliti di Italia.

Bila anda mendapat gangguan Tidur, maka secepatnya anda memeriksakan diri kepada Dokter anda.-

4 komentar:

  1. Ngeri juga ya
    btw, makasih atas infonya

    Blogger Templates

    BalasHapus
  2. To Blogger templates,

    Selamat tidur, ya.

    BalasHapus
  3. Anonim11:26 PM

    Saya pengen cepet mati, jadi tinggal banyakin begadang aja ya?


    Makasih infonya! :D

    BalasHapus
  4. To Anonymous,

    Hidup adalah suatu anugerah dari Tuhan.
    Hidup dan mati adalah kuasaNya.

    Kalau belum waktunya, maka sebaiknya pergunakanlah kesemppatan hidup ini untuk hal-hal yang berguna bagi diri sendri dan orang-orang lain.

    Orang yang ingin mati biasanya orang yang dalam keadaan depresi berat yng mendorong untuk melakukan tentamina sucide, percobaan bunuh diri.

    Please, pertimbangkan lagi hasrat untuk cepat mati ini.

    Keputusan ada ditangan Anda, ambillah yang terbaik.

    Salam.

    BalasHapus