Kamis, Juli 15, 2010

Penyakit Jamur pada Kulit


Kemarin malam saya mendapat telepon dari seorang wanita Ny. L yang mengatakan bahwa Ibunya Ny. P, 82 tahun mengeluh kulitnya gatal-gatal dan pada dadanya ada sedikit bercak kemerahan. Ia minta saran untuk pengobatannya.

Saya menyatakan besok siang akan mengunjungi rumah mereka.
Sangat sulit membuat Diagnosa ( menentukan penyakit ) dan sekaligus memberikan Terapi ( pengobatan ) yang tepat untuk suatu penyakit Kulit. Penyakit kulit sebagian besar ( 70 – 80% ) akan ter-Diagnosa pada pemeriksaan pandang ( Inspeksi ) Tanpa melihat kelainannya , sangat suit menentukan apa penyakitnya. Kalau Diagnosanya salah maka terapinya juga akan salah juga alias pasein tidak akan sembuh. Kalau pasen tidak sembh, Lalu akan bermacam-macam pendapat orang terhadap Dokter.

Keesokan siangnya ketika saya datang berkunjung ke rumah pasien Ny. P, saya melihat ada banyak kelainan pada kulit tubuhnya. Pada lengan kirinya terdapt Skin rash yang gatal, pada kulit dibalik Payudaranya tampak bercak-bercak kemerahan yang juga gatal dan pada lipat pahanya terdapat bercak kemerahan yang gatal. Ny. P adalah penderita Diabetes mellitus selama beberapa tahun.

Saya membuat Diagnosa sebagai Dermatomycosis ( kelainan kulit akibat infeksi jamur ) pada pasien D.M. Kelainan kulit gatal sering terdaat pada usia lanjut karena kulit kering, sekresi minyak kulit sudah berkurang. Dermatomycosis juga sering terdapat pada lokasi tubuh yang spesifik: yang panas dan lembab ( ketiak, di balik payudara, lipat paha, sela-sela jari tangan dan kaki ).

Pengobatan psien ini  jadi lebih mudah: minum obat /tablet Kencing manis diteruskan dan diberi Krim anti Jamur dan tablet anti jamur selama 3 minggu.

Pasien puas ( merasa sudah diperiksa dokter dan dokter  paham penyakitnya ) dan dokter puas ( dapat menentukan diagnosa penyakitnya ). Win-win solution.

28 komentar:

  1. Ass....
    Adakah orang yg kena penyakit kulit dipengaruhi oleh auto imun (imunnya terlalu tinggai) yg perlu distabilkan

    BalasHapus
  2. To Syardan Jalil,

    Penyakit Kulit ada yang dipengaruhi oleh gangguan auto imune dalam tubuhnya, mislanya penyakit SLE ( Systemic Lupus Erythematosus ). Silahkan browsing di Internet utk keterangan lebih lanjut.

    Terima kasih sudah berkunjung.

    BalasHapus
  3. pak jenis jamur kulit apa di atas?tallium kursus

    BalasHapus
  4. To Tallium kursus,

    Penyakit Jamur pada tubuh disebut sebagai Tinea corporis. Ada beberapa jenis Jamur Kulit yang menjadi penyebabnya yaitu: Trychophyton sp, Mycrosporum sp.dan Epidermophyton sp. Membedakannya harus dilakukan pembiakan dalam media perbenihan khusus jamur.

    Ada lagi jenis lain pada kulit tubuh yg biasa disebut sebagai penyakit panu, yg disebut penyakit Pitiriasis Versicolor yg disebabkan jamur Malassezia furfur atau disebut juga sebagai Pityrosporum orbiculare.

    Biasanya penyakit Jamur ini dapat diterapi dengan obat Krim kulit yang mengandung Ketocozaloe dan atau tablet Ketoconazole ( sudah ada yg generiknya ).

    BalasHapus
  5. Anonim11:50 PM

    ASSLM PAK
    KALO SUDH MENGKONSUMSI KETOKOSANOL, APA BISA ILANG BEKAS PENYAKIT PANUX D KULIT

    BalasHapus
  6. Warna putih pada kulit yang berpenyakit Panu akrena mengalami gangguan pembentukan Melanin ( zat warmna kulit ) yaitu mengalami depigmentasi.

    Setelah Jamur penyebabnya hilang, maka berangsur-angsur akan terjadi pembentukan pigmen kulit tsb dan warna kulit akan kembali normal.

    Silahkan anda berkonsulatsi dengan Dokter anda. Sebaiknya jangan mendokteri sendiri yang akan membingungkan.

    Salam.

    BalasHapus
  7. tentang penyakit kulit di selangkangan, dok, saya penderita penyakit ini, namun setelah penanganan dengan obat minum dan obat salep penyakit saya sudah berangsur membaik, hanyasaja sudah lebih dari 4 bulan ini, bekasnya sama sekali tidak bisa hilang sedikitpun.. Tolong dijawab dok, apa solusinya?

    Trima kasih..

    BalasHapus
  8. To Indra,

    Penyakit Jamur pada kulit sering terdapat pada daerah kulit di selangkangan, ketiak, bawah payu dara.
    Kalau Diagnosanya dan terapinya benar maka penyakit ini akan sembuh, misalnya minum obat anti jamur selama 3 minggu dan obat lokal ( kream ) anti jamur. Minum obat harus 3 minggu untuk memberantas tuntas Jamur penyebabnya. Bila selesai minum obatnya maka akan berangsur-angsur kulit akan normal kembali. Bila terjadi bercak-bercak keputihan ( hipopigmentasi ) maka ini akan normal kembali secara bertahap. Pembentukan pigmen ( zat warna kulit ) akan berangsur-angsur timbul kembali. Secara alami kulit akan menyesuaikan diri , kembali ke keadaan seperti semula setelah infeksi jamur kulitnya teratasi.

    Salam

    BalasHapus
  9. Guruh8:34 AM

    saya ingin bertanya pak, di daerah paha dan betis saya suka gatal gatal, dan rasa gatal ini hilang dan datang lagi. bentuknya menyerupai gambar diatas tetapi tidak separah itu, hanya kecil didaerah betis, sampai² bulu di betis hilang dibagian yang gatal. lalu dipaha seperti bentol bentol tetapi tidak besar, dia agak melebar. selama ini saya menggunakan oba saleb anti gatal, tetapi tidak berfungsi. umur saya baru 28tahun. terima kasih

    BalasHapus
  10. To Guruh,

    udah berapa lama keluhan anda itu?
    Le;aianan itu dapat disebabkan oleh peradangan kuit biasa yg disebabkan bakteri yang ada di permukaan kulit. kalau diobati dengan salep anti gatal saja, tentu tidak sembuh. Mesti diolesi dengan salep yang mengandung antibiotika.

    Bila dalam waktu beberapa hari tidak ada perbaikan, maka kemungkinan besar disebabkan oleh infeksi jamur. Obatnyaolesi dengan Krim kulit yang mengandung anti jamur yang dapat dibei di Apotik. Krim anti jamur ini dioleskan selama 1-2 minggu.

    Kelainan kulit dapat di Diagnosa sebagian besar dengan pemeriksan pandang ( dilihat oleh dokter ). Sebaiknya anda memeriksakan diri kepada dokter terdekat utk memastikan Diagnosa dan terapinya.

    Semoga dapat bermanfaat.

    BalasHapus
  11. Anonim10:38 PM

    membhs tntang pnyakit kulit dok
    saya mau tanyya kalau penyakit gatal-gatal trus klau di garut jdi berbekas itam kering itu knpa ya dok
    kmudian gatal-gatal dikepala,rambut rontok.dan kulit kepalanya seperti luka bakar itu kenapa dok
    obat apa dok yang harus di komsumsi
    trimakasih.

    BalasHapus
  12. To Anonim,

    Kulit yg gatal kalau digaruk-garuk, maka ada jaringan kulit yang terkelupas dan mati. Ini menimbulkan hiperpigmentasi ( berwarna kehitaman ). Kalau jaringan ini sudah terkelupas maka akan timbul jaringan kulit yang baru.

    Kalau di kulit kepala terasa gatal-gatal, rambut rontok, dan terasa seperti ada luka bakar, berarti disana ada peradangan kulit kepala. Bisa juga disebabkan oleh Ketombe ( seborrhoic dermatitis ) yg bisa diatasi dengan mencuci rambut dengan shampo anti ketombe yang sudah banyak dijual dipasaran, seminggu 3 kali.

    Semoga bermanfaat.

    BalasHapus
  13. pak saya mau tanya masalah penyakit gatal - gatal.... orang tua saya mengalami penyakit gatal-gatal sudah bertahun - tahun. awalnya penyakit gatal2 tersebut terdapat di kepala sampai sekarang sudah menyebar di bagian perut dan bagian engsel kaki, tapi penyakit gata-gatal tersebut tidak berair, bentuk gata-gatalnya kering dan kulit terlihat menjadi seperti tebal... mohon pencerahannya solusinya pak, email saya : hendrisiregaraja@yahoo.com

    BalasHapus
  14. To Hendri Siregar,

    80 % penyakit kulit dapat diketahui dengan periksa pandanag ( Inspeksi ). Kalau bisa saya ingin melihat kelainan kulit di kepala dan diperut. Anda buat fotonya dan tolong kirim ke email address saya: basuki.pramana@gmail.com. Mungkin saya dapat membantunya.

    Keluhan ayah anda sudah bertahun-tahun, apakah sudah berkonsultasi / memeriksakan diri kepada Dokter Ahli Kulit terdekat?

    Salam

    BalasHapus
  15. pak saya mau tanya obat tablet sama obat krim buat penyakit kulit di lipatan paha apa ya? kulit di lipatan paha saya sangat mirip dengan gambar dan yang bapa bicarakan.

    BalasHapus
  16. To Ismail Fauzi,

    Kemungkinan besar anda menderita penyakit kulit karena jamur kulit ( dermatomycosis ). Bila kena keringat ada rasa gatel. Obatnya oleskan sehari 2 kali dgn Krim kulit Ketoconazole ( generik ) dan minum tablet Ketoconazole 200 mg ( generik ) sehari 2 x 1 tab, selama 21 hari.

    Semoga membantu.

    Salam

    BalasHapus
  17. terimakasih banyak pak, iya betul sehabis aktivitas selalu terasa gatal, dan setiap hari luka tersebut meluas sedikit-sedikit.

    BalasHapus
  18. To Ismail Fauzi,

    Iya semoga lekas sembuh.

    Salam,

    BalasHapus
  19. saya mengalami penyakit kulit tp blom kunjung sembuh jg, mohon pencerahan nya. penyakit kulit saya sbenar nya termasuk penyakit kulit apa...? gejela pertam saat saya memakai celana sampai 5 hari, karna aktivitas sering hujan dan celana saya panjang sampai menutupi tumit kaki kalo berjalan selalu mengepel lantai, akhirnya disaat saya naik motor celana yg sampai tumit kaki naik ke mata kaki, awal nya gatal dan menimbul kan bekas kecil dan skr melebar sampai menutupi mata kaki... saya minta pencerahan nya pak basuki...

    BalasHapus
  20. To Awie Owners,

    Gejala penyakit pada kaki anda berupa gatal dan pd foto tampak kulit kemerahan ( hiperemia ) yg menunjukkan adanya infeksi pada kulit tsb.

    Cobalah minum: tablet Prednison XV, 3x1 tab/hari sesudah makan, kaplet Co-amoxyclave XV, 3x1 kapl/hari, tablet Paracetamol X tab, 3x1 tab/hari. Semuanya obat generik yg dapat anda beli di Apotik.

    Setelah 5 hari ( obat habis ) bagaimana perkembangan penyakit kaki anda ini. Beritahu saya lagi.

    Semoga dapat membantu.

    Salam.
    dr. Basuki Pramana

    BalasHapus
  21. Anonim9:00 AM

    saya mengalami gata2 pada daerah perut dan dada daerah payudara... saya sdh berapa kali berobat dan suntik di dokter, kadang sembuh hilang gatal2nya, tapi setelah obatnya habis... akan terasi gatal kemerahan sekarang daerah perut dan sekitar payudara saya kehitaman masih gatal2, mohon bantuannya Dokter obat atau salep apa yg harus saya pakai..,terima kasih

    salam
    sweety

    BalasHapus
  22. To Sweety,

    Penyakit kulit karena jamur kulit biasa menyerang daerah yang lembab dan hangat seperti: lipat paha, dibawah payudara dan ketiak. Kemungkinan anda kena penyakit ini ( Dermatomycosis).

    Minumlah tablet ( generik) Ketoconazole 200 mg 2x1 tzblet/hari selama 21 hari dan olesi daerah yg terkena dengan Krim ( generik) Ketoconazole . sehari 2 kali setelah mandi. Kalau mandi daerah yg sakit jangan diberi sabun. Siram saja dengan air hangat.

    Semoga membantu.

    Salam.

    BalasHapus
  23. Anonim12:07 AM

    Dok saya terkena penyakit kulit di daerah punggung kaki,ketiak, area tangan & area tubuh lainnya, gejalanya timbul bintik2 kecil berkumpul berair kadang bernanah sekarang area kulit yang terkena penyakit tersebut seperti menebal,& bersisik sangat terasa gatal, sudah bertahun tahun sudah belasan dokter saya coba tapi tidak ada hasilnya penyakit tersebut tidak bisa sembuh total & selalu kambuh, & juga pada ujung2 jari saya timbul bntik2 gelembung air yang muncul ke permukaan kulit & merusaknya dok, saya mohon pencerahannya karena saya sudah frustasi dengan penyakit ini dok dalam artian saya sudah putus asa untuk mengobatinya karena berbagai macam obat sudah saya coba termasuk herbal, Terima Kasih...

    BalasHapus
  24. To Anonim,

    Berapa usia anda ? Jenis kelamin? Pekerjaaan sehari-hari? Anda tinggal dimana? ( dikota kecil / kota besar), Adakah Dokter Spesialis Kulit didaerah anda?

    Dalam menentukan Diagnosa penyakit Kulit 70-80% dilakukan berdasarkan pemeriksaan Inspeksi ( dengan melihat kelaianan kulit). Dapatkah anda mengirimkan Foto2 kelaianan kulit anda?

    Kalau pekerjaan mendukung terjadinya kelaianan kulit tersebut, bila sudah diterapi dan sembuh, bisa jadi kelaianan kulit tsb timbul kembali. Oleh karena itu saya bertanya apa pekerjaan anda saat ini.

    Kalau ada kelaianan kulit yang berupa "bintik2 kecil berkumpul berarit dan kadang bernanah" berarti ini kelainan kulit yang terinfeksi oleh bakteri. Mesti diterapi dengan antibiotika.

    Bila kelaianan kulit itu "menebal, bersisik, sangat gatal, sudah bertahun-tahun" berarti penyakit ini sudah khronis / menahun.

    Maka sebaiknya anda berobat kepada Dokter Spesialis Kulit yang terdekat / di kota terdekat.

    Semoga dapat membantu.

    Salam.

    BalasHapus
  25. dok saya gatal dilipat paha, awalnya cuma sedikit, tapi lama-kelamaan merembet2 sampai kebagian belakang bokong, obat/salep apa yang harusnya saya gunakan dok, terimakasih

    BalasHapus
  26. To Wachid Amirudin,

    Rupanya anda menderita infeksi kulit akibat Jamur. Dematomycosis.
    Penyakit ini sering menimbulkan rasa gatal terutama bila berkeringat dan kulit menjadi berwarna gelap.

    anda bisa mengobatinya dengan mengoleskan krim Formyco sehari 2 kali sehabis manda pagi dan sore. Pakailah celana dalam dari bahan katun agar keringat mudah diserap.
    Minumlah tablet Ketoconazole 200 mg ( generik), sehari 1 tablet selama 3 minggu ( 21 hari, 21 tablet).

    Kalau mandi kulit yg sakit jangan diolesi dengan sabun.

    Semoga dapat membantu dan segera sembuh.

    Salam.

    BalasHapus
  27. doc , saya still a student , 19 years old . saya selalu gatal di celah kelangkang and sekarang merebak hingga ke perut . sekarang di perut , kulit kemerahan merahan and timbul mengelilingi pusat . tolong saya doc , saya taktau lagi macamana nak atasi masalah ini . aktiviti harian saya terganggu . saya malu untuk pergi ke klinik berjumpa doktor untuk bertanya apa masalah saya .

    BalasHapus
  28. To Aisha Jamal,

    Penyakit kulit karena jamur kulit biasa menyerang daerah yang lembab dan hangat seperti: lipat paha, dibawah payudara dan ketiak. Kemungkinan anda kena penyakit ini ( Dermatomycosis).

    Minumlah tablet ( generik) Ketoconazole 200 mg 2x1 tablet/hari selama 21 hari dan olesi daerah yg terkena dengan Krim ( generik) Ketoconazole , sehari 2 kali setelah mandi. Kalau mandi daerah yg sakit jangan diberi sabun. Siram saja dengan air hangat.

    Semoga membantu.

    Salam.

    BalasHapus