Selasa, Juli 27, 2010

Website Kedokteran favorit




Sebagai dokter harus selalu belajar dan menimba ilmu. Sumbernya  bisa baca buku teks ( harganya selalu mahal terutama bagi pensiunan ),  baca dari website dan cari yang gratisan.

Asal punya Laptop / Desktop, dan ada fasilitas untuk akses Internet ( dengan Speedy dari telkom atau pakai USB Modem GSM: Telkomsel Flash, IM2 Indosat atau CDMA: Starone, Smart ), kita dapat membaca banyak artikel di web tsb. Sambil minum Kopi di café atau lain-lain tempat dengan tersedianya Hotspot maka kita dapat membaca beberapa artikel sambil menyeruput Kopi.

Ada banyak website yang dapat kita kunjungi dan salah satu yang menjadi favorite saya adalah: http://www.medscape.com

Untuk dapat membaca lebih lanjut kita mesti Registrasi ( Free ) terlebih dahulu.
Disini terdapat banyak rubrik, antara lain: Medscape, MedscapeCME, Emedicine, Drugs, Medline, All.

Yang menarik adalah kita dapat mendownload beberapa artikel kedokteran yang dapat kita baca di handphone kita: Iphone, Ipod touch, Blackberry ( Bold, Curve, Javelin, Tour, Storm, Storm2 ), yang dapat dilihat di: http://www.medscape.com/public/blackberry

Banyak artikel di website terutama dari USA yang dapat didownload langsung dari handphone Iphone dan Blackberry. Sebagian lagi  dapat melalui HP Android ( Samsung, Huawei, Nexus dll ) yang saat ini makin populer di negara kita.

Sayang Iphone dan Blackberry Storm ( dg layar yg lebih lebar dari pada tupe BB lainnya ) masih mahal. Saya sendiri mempunyai Nokia E63 dengan OS Symbian.
Saya belum menjumpai website Kedokteran dimana artikelnya dapat didownload langsung dari HP Symbian agar dapat dibaca di HP tipe ini. Padahal HP Symbian sudah lama beredar dan cukup populer yang dipakai oleh HP Nokia.

Wah… mesti nabung lagi nih atau cari sponsor utk punya BB atau Iphone yang punya layar lebar > 3 “ agar lebih nyaman membaca teks-nya  bagi mata  usia lanjut seperti saya ini.

Bila kesulitan membaca artikel dalambahasa Inggris, kita  dapat minta bantuan pak Google ( www.translate.google.co.id ) untuk mencerjemahkan teks atau seluruh wesbie ke dalam bahasa Indonesia. Untuk teks, copy  teks yang terpilih dan paste ke kolom terjemahan di website tsb dan klik terjemahkan. Untuk seluruh website yang dimaksud ( copy dari alamat pada Browser yang kita pakai ( IE, Firefox, Opera ) masukkan alamat URL ini ke dalam kolom terjemahan. Klik terjemahkan. Tunggu sebentar dan hop….muncul teks dalam bahasa Indonesia.

Hasil terjemahannya sering kali agak janggal. Maklum yang bekerja itu adalah mesin pencerjemah, yang bekerja  kata demi kata, bukan suatu rangkaian kalimat yang hasil terjemahannya nyaman dibaca. Meskipun demikian lumayan juga untuk dapat memahami isi artikel yang kita baca.-




Tidak ada komentar:

Posting Komentar