Minggu, Oktober 24, 2010

Stroke




3 hari yang lalu datang berobat Ny. LS, 73 tahun.
Dengan dibantu oleh putranya dan adiknya, Ny LS ini dapat masu ke ruang periksa tempat praktik saya.

Ny. LS menderita sejak lama dan  Darah Tinggi ( Hipertensi ). Minum obat tidak teratur. Kalau ada rejeki dapat beli obat dan obat diminum. Keadaan sos-ek yang kurang memadai menyebabkan hidup keluarganya pas-pasan.

Tekanan darah: 190/100 mmHg, sejak tadi pagi ( 7 jam yang lalu ) bicara cadel, lidah ke kanan, kalau minum sering keselek, pusing, tangan dan tungkai kanan lemes ( Hemiparese\dextra )., tidak dapat berdiri sendiri.

Melihat kedaan fisik pasien ini, saya mengambil kesimpulan, Ny. LS  menderita Stroke.
Sebaiknya segera masuk RS untuk perawatan selanjutnya. Pasien sendiri tidak mau  masuk RS dengan alasan keuanan.

Saya jelaskan bahwa kalau tidak segera masuk RS maka keadaan penyakitnya dapat bertambah parah. Saat ini ia dalam keadaan kritis. Lebih baik kalau di rawt di RS. Akhirnya pasien bersedia. Ia kana minta bantuan saudara-saudaranya untuk membiayai perawatan di RS.

Saya segera membuat Surat Rujukan ke RS terdekat pasien ini dengan penyakit : Diabetes mellitus, Hipertensi dan Stroke. Lengkaplah sudah penderitaan pasienku ini. Satu saja dari ke 3 penyakit ini sudah cukup membuat pusing kepala, apalagi 3 penyakit sekaligus.

Inilah suatu gambaran dari banyak pasien yang tidak mendapat terapi yang baik dan benar sehingga akhirnya mendapat komplikasi ( penyulit ) sehingga penyakit bertambah berat.

Ada pasien lain yang juga tidak mampu tetapi mau berusaha untuk mempuyai Kartu Jamkesmas. Bila ia menderita dan kontrol penyakit Jantungnya maka ia dapat berobat ke RSU setempat dengan gratis ( yang dibiayai oleh Pemerintah ). Ia masih beruntung dapat berobat gratis di RSU seperti pasien lain yang menderita Gagal Ginjal dan cuci darah dapat berobat gratis di RSU setempat.

2 komentar:

  1. suka bangeeet sama blog2 yg suka kasih saran2 kaya gini .. sedikit share aja yah pak, mama saya agak phobia sama yg namanya penyakit stroke itu semua disebabkan karna kedua orang tuanya meninggal karna itu .. tp karna artikel ini, aku bisa jelasin ke mama .. makasih paaaaaak ..

    BalasHapus
  2. To Jeniffer Prabu,

    Iya sebaiknya kita mencegah dari pada mengobati penyakit.

    Kalau bisa dicegah mengapa tidak dilakukan?

    Untuk berbuat baikpun tidak mudah ya.
    Semoga posting ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Amin.

    BalasHapus