Kamis, Juni 30, 2011

Melatonin



Tik…tik…tik…
Bunyi alarm bangun pagi Ponsel Huawei Android Froyo yang di setting pukul 05.00, membangunkan saya dari tidur semalaman. Ah…sudah hari yang baru lagi. Waktu berjalan terasa cepat. Umur saya bertambah 1 hari lagi. Saya bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Kasih, saya masih dapat menikmati hari yang baru dengan tubuh yang sehat. Setelah melakukan tugas rutin pagi hari dan menunggu Nasi matang  dalam Rice cooker, saya mengetuk-ngetuk keyboard komputer untuk membuka Inbox di gmail saya dan menulis beberapa artikel.

---

Kemarin sore datang berobat Pak Y, 62 tahun. Ia pensiunan PNS dari suatu Kementerian.
Keluhannya selain Flu juga ada Insomnia ( susah tidur ) sejak 1 minggu yang lalu.

Ia datang bukan karena Flunya, tetapi keluhan Insomnia yang  cukup mengganggunya. Hampir setiap malam ia susah tidur. Ia baru terlelap sekitar pukul 14.00. Dini hari ia harus sudah bangun lagi untuk solat Subuh.

Setelah pensiun, Pak Y tidak ada kegiatan dalam aktifitas sehari-hari. Untuk kebutuhan hidup sehari-hari, Pak dan Ibu Y ini ditunjang oleh  ke 4 putra/i nya yang tinggal sekota dan  tinggal di kota lain.

Secara materi keluarga Pak Y ini cukup, harmonis, tidak ada penyakit menahun yang diderita oleh Pak dan Ibu Y.

Benar Insomnia, sering kali menggangu tidur kita. Kurang tidur akan membat badan tidak fit pada keesokan harinya.

Pemeriksaan Fisik pada Pak Y dalam batas normal.

Saya membuatkan resep Tablet Multivitamin & Mineral yang diminum setelah  sarapan pagi, dan tablet Melatonin 3 mg yang diminum sebelum tidur malam.

Pak Y membaca resep itu dan bertanya “Saya diberi obat apa, Dok? Ini rasanya vitamin dan yang satu lagi apa ya? Obat Penenang atau obat Tidur?”

Saya menjawab “Yang satu benar itu Vitamin & Mineral dan yang satu lagi bukan Penenang dan bukan obat Tidur.”

Pak Y berkata lagi “Lho… saya kesini karena  susah tidur, mengapa saya tidak diberi obat Tidur atau Penenang?”

“Pak Y, Insomnia  Bapak bukan karena  Stres atau lainnya, tetapi karena hormon Melatonin yang diproduksi oleh tubuh Bapak sudah mulai menurun pada usia diatas 60 tahun produksinya sudah menurun, sehingga saya memberikan tablet Melatonin yang harus diminum  sebelum tidur malam hari. Bukan siang hari, sebab Melatonin bekerja pada malam hari. Fisik Bapak cukup bagus. Begini saja, minumlah Tablet yang saya berikan, bila sudah habis  setelah 1 minggu  keluhan Insomnia Bapak belum teratasi, silahkan Bapak kembai lagi dan tidak usah bayar lagi” saya memberi sugesti seperti ini kepada pasien yang sudah lanjut agar ia menjadi PD (Percaya Diri).

---

Di pasaran Melatonin digolongkan kedalam tablet Suplemen. Bukan suatu obat Antibotika atau lainnya. Dijual tanpa  resep dokter dengan harga terjangkau, sekitar Rp. 4.000,- /tablet 3 mg. Negara yang sudah memproduksi adalah USA dan Australia.

Melatonin ( N-acethyl-5-methoxytryptamine ) adalah hormon yang diproduksi oleh Kelenjar Pineal yang ada di dalam Otak pada malam hari.

Pada usia 60 tahun produksinya akan menurun. Melatonin pada manusia mengatur siklus tidur-bangun seseorang yang secara kimiawi akan membuat ngantuk dan menurunkan suhu tubuh.

Produksi Melatonin oleh Kelenjar Pinel ini akan dihambat oleh sinar dan dilepas pada saat gelap sehngga disebut sebagai hormone kegelapan ( the hormone of darkness ).

Bila diminum beberapa jam sebelum tidur, akan menyebabkan pengaturan jam biologis manusia sedemikian rupa sehingga tidur lebih cepat dan waktu bangun  pagi. Melatonin mengatur ritme sirkadian ( siang dan malam hari ) manusia.

Melatonin bukan suatu obat tidur / Hipnotika, tetapi supplement yang akan memperbaiki siklus tidur-bangun manusia, sehingga bila diminum sebelum tidur akan membuat tidur lebih cepat.

Saya meminumnya untuk mengatasi Insomnia dan mengatasi Jet lag, gangguan fisik apabila saya berada di Negara dengan perbedaan wktu yang besar. Misalnya perbedaan 4 jam zona waktu antara WIB ( +7 GMT ) dan Sydney Time ( +11 GMT ).

Untuk beradaptasi dengan zona waktu ini, maka perbedaan 1 jam zona waktu memerlukan 1 hari penyesuaian. Bila 4 jam maka perlu waktu penyesuaian  selama 4 hari ( terlalu lama, sedangkan kita  hanya  berada di Sydney hanya 1 minggu misalnya ).

Dengan minum tablet Melatonin, maka Jet lag dapat diatasi dengan lebih cepat.

Anda dapat menyimak lebih lanjut tentang Melatonin ini disini.

4 komentar:

  1. To Armouris,

    Thanks for your visiting dan information.

    BalasHapus
  2. This melatonin posting, completely useful..

    BalasHapus
  3. To Alvaro,

    Thank you for your visiting and comment.
    Regards.

    BalasHapus