Senin, Juni 27, 2011

Mengikuti Simposium Kedokteran



25 – 25 Jnui 2011 saya dan isteri saya mengikuti suatu Simposium “3rd Cirebon Symposium In Internal Medicine” dengan tema “Update in Internal Medicine For Optimizing Service Quaity”,  yang diadakan oleh PAPDI Cabang Kota Cirebon,  yang mengambil lokasi Hotel Grage, Jl. Kartini, Cirebon.

Acaranya cukup padat yang dimulai pukul 09.00 – 17.00 yang diselingi Coffee break dan Lunch. Pada akhir acara setiap hari ada Undian door price, tetapi saat itu kami belum beruntung mendapat undian.

Manfaat mengikuti Simposium ini adalah untuk mendapatkan Sertifikat  dengan sejumlah SKP  (Satuan Kredit Profesi) untuk menambah nilai SKP para Dokter Praktik untuk  menerbitkan STR (Surat Tanda Registrasi) dari KKI (Konsil Kedokteran Indonesia) yang selanjutnya diperlukan untuk dapat memiliki SIP (Surat Ijin Praktik). Penerbitan oleh Dinas Kesehatan setempat perlu proses dan waktu yang mesti dilakukan oleh para Dokter yang ingin melakukan Praktik.

Ilmu pengetahuan yang kami peroleh dari Simposium ini  dapat menambah ilmu yang tidak diperoleh ketika kami kuliah beberapa puluh tahun yang lalu. Ilmu pengetahuan Kedokteran selalu berkembang. Medicine is a long life study.

Selain itu, kami juga dapat bertemu dengan Temat Sejawat yang lama sudah tidak bertemu. Mereka ada  di tempat yang cukup jauh misalnya Dr. R dari Kecamatan Gabus Wetan, Indramayu, Dr. JK dari Hauergeulis, Indramayu. Mereka harus mengendarai kendaraannya selama 2 jam drive ke kota Cirebon. Suatu perjuangan keras untuk dapat mengikuti Simposium ini.

Beberapa bulan yang lalu kami juga mengikuti acara PKB ( Pendidikan Kedokteran Berkelanjutan ) yang setiap tahun diadakan oleh Fak. Kedokteran UNPAD, Bandung. Kami harus drive selama 4-5 jam ke Bandung untuk mendapatkan Sertifikatnya. Ada beberapa teman lain  yang mengikuti suatu Simposium di kota Jakarta atau Denasar ( Bali ). Selain mengikuti Simposium juga mereka dapat melancong melihat kota-kota lain. Untuk semuanya itu perlu dana yang cukup besar ( biaya Simposium, Transport dan Hotel ).



Saat break hari pertama kami berfoto bersama baik dengan Teman Sejawat, maupun dengan para Medical Representative dari perusahaan Farmasi tertentu.

Sepulang dari Simposium, foto-foto iu saya oleh di Komputer dan saya cetak ukuran postcard ( 3 R ) atau 10 R, yang lebih besar.

Teman saya, Dr. R mengucapkan terima kasih atas pemberian Foto bersama kami, ukuran 10 R. Ia tidak menyangka dengan bantuan sebuah Digital camera, dapat diproduksi sebuah foto 10 R dengan resolusi  8 Megapiksel yang cukup memadai untuk diperbesar. Resolusi Kamera pada handphone umumnya sekitar 1,3 – 5 Megapiksel.

MR wanita dari sebuah perusahaan farmasi berterima kasih mendapat Foto bersama ukuran Jumbo postcard. Tidak menyangka secepat itu  ( besoknya ) sudah menerima foto tsb. Gratis lagi. Betapa senangnya mereka.

Bagi yang mempunya email address, foto bersama itu saya kirimkan via email. Dalam bilangan detik foto itu sudah sampai ke Mailbox mereka.

Bagi saya semuanya itu merupakan suatu kegiatan rutin saat mengikuti Simposium. Sebuah Kamera Digital merk Kodak 8 Mp, sebuah  Komputer, Modem Smartfren untuk koneksi Internet Unlimited  dan sebuah Printer merk Epson R230, sangat membantu pekerjaan saya sehari-hari.

Pada saat break, kami  ngobrol dengan teman sejawat lain, bertukar pengalaman dan berdiskusi banyak hal termasuk: masalah keluarga, kesehatan dll.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar