Kamis, Desember 15, 2011

Susah buang air besar?




Suatu saat dalam hidup kita, tentunya kita pernah mengalami kesulitan buang air besar ( sembelit, konstipasi ). Penyebabnya dapat berupa: asupan makanan yang  berkurang karena  sedang sakit dll, sebagai efek samping obat-obat yang diminum,  tidak cukup minum ( seharusnya 2 liter / 24 jam ), kurang mengkonsumsi Sayuran dan Buah-buhan ( yang sering terjadi pada banyak orang ) dan pada usia Lanjut dimana asupan makanan berkurang dan gerakan peristaltik usus menurun.

---

Kemarin datang berobat Ibu L, 50 tahun.
Dilihat sepintas, ia tidak tampak sakit. Keluhan Ibu L adalah ia sudah mengalami buang air besar sebanyak 3 kali sejak pagi sampai ia datang berkonsutasi. Sebenarnya ia tidak mengalami Diare.

Ibu L tidak demam, tidak muntah, tidak sedang minum obat-obat tertentu, makanan tidak ada yang terlalu pedas. Tadi malam Ibu L minum 1 gelas Yogurt rasa Kismis ( anggur merah yang dikeringkan ) yang ia beli dari sebuah Mall saat ia shopping. Pagi hari setelah sarapan pagi ia makan buah Mangga Harumanis ( saat ini sedang musim buah Mangga yang banyak dijual di Mall / Pasar tradisionil ).

Pemeriksaan fisik Ibu dalam batas normal, kecuali  bising usus yang meninggi akibat gerakan peristaltik usus meningkat.

Saya tidak memberikan resep obat bagi Ibu L. Biasanya pasien yang datang berobat selalu minta resep obat. Mereka tidak puas kalau dokter tidak memberikan resep obat. Akhirnya saya  membuatkan resep obat penenang untuk menenangkan pikirannya yang agak panik karena  banyak buang air besar dan agar Ibu L dapat tidur nyenyak. Kepada Ibu L juga disarankan agar besok selama 1 hari saja tidak makan buah-buahan atau susu dan produk susu ( Keju, Yoghurt ) yang dapat membuat mudah buang air besar.

Keadaan ini sebaliknya dipakai untuk membuat pasien yang sembelit agar mereka dapat buang air besar. Saat sembelit dapat dicoba dahulu ( sebelum minum obat ), mengkonsumsi Buah-buhan, Sayuran dan minum Susu.

Mereka yang  selalu mengkonsumsi Buah-buahn dan  Sayuran biasanya tidak  atau jarang mengalami sembelit. Alam sudah menyediakan bagi kita. Masalahnya. Apakah kita mau mengkonsumsi Buah-buhan dan Sayuran?

Selamat pagi.-

7 komentar:

  1. Alhamdulillah aku penggemar sayur dan buah2an :D ... paaling ga bisa makan tanpa sayur. seret di tenggorokan

    BalasHapus
  2. To Ichaawe,

    Terima kasih sudah berkunjung.
    Semoga dapat bermanfaat.

    Salam.

    BalasHapus
  3. kami sering mendapati gejala sulit BAB ini pada pasien geriatri... umumnya mrk punya banyak penyakit, juga disertai gangguan makan, sedikit mengkonsumsi serat dan juga asupan cairan berkurang...
    jadinya dari 'pintu depan' susah masuknya, dari 'pintu belakang' susah keluarnya...he..he...

    BalasHapus
  4. To Mikhael,

    Benar. B.a.b. pada usia lanjut sering kali terjadi beberapa hari sekali.

    Pada Oma dan Opa di Panti dimana saya bekerja, saya anjurkan agar minum Susu dan banyak makan Sayur atau Buah-buahan. Kalau masih susah, buat kumpulan Sayur dan Buah yang di blender lalu di sedot pakai sedotan yang besar tiap pagi / siang hari. Biasanya manjur, b.a.b. lancar tiap hari.

    Terima kasih sudah berkunjung dan memberi pendapat.

    BalasHapus
  5. Tnks buat infox... :)

    BalasHapus
  6. To Son T. Nayoan,

    Terima kasih sudah berkunjung. Semoga artikelnya dapat bermanfaat.

    Salam

    BalasHapus