Rabu, Desember 12, 2012

Banyak pasien?



Sore ini datang serombongan tamu yang datang ke Ruang Tunggu pasien.
Terdengar bunyi pintu sebuah Minibus tertutup dan ada sekitar 6 orang memasuki Ruang Tunggu.

Saya membuka Pintu Ruang Periksa dan mempersilahkan pasien, Pak S, 34 tahun. Ia diantar oleh isterinya dan Ibundanya. 3 orang ini masuk ke Ruang Periksa dan 3 orang yang lain duduk di Ruang Tunggu. Mereka ternyata cucu dari Ibunda Pak S dan supir Minibus tadi.

Kalau dilihat dari luar sepertinya saya mempunyai banyak pasien, sebenarnya pasiennya seorang, tetapi yang mengantarnya ada banyak. Selesai pasien berobat merekapun serentak meninggalkan Ruang Tunggu pasien. Ruang Tunggu pasien sepi kembali.

Hal ini biasa terjadi bila ada pasien dari jauh ( Kabupaten ) yang datang berobat. Ada banyak pengantar yang menyertai pasien. Mungkin juga mereka sekalian shopping atau sekedar jalan-jalan.

Keluhan Pak S demam sejak 1 minggu yang lalu terutama pada malam hari. Saya membuat diagnose: observasi febris dengan diferensial diagnosis: Tipes perut dan Infeksi Saluran Kencing. Saya memberikan resep obat: kapsul antibiotika, tablet penurun demam dan tablet multivitamin.

Semoga lekas sembuh, Pak.-

2 komentar:

  1. Dukungan moral dari kerabat emang membantu kesembuhan. Saya sendiri selalu ditemi ibu kalau ke dokter.

    Tapi ini sampai diantar 5-6 orang. Wuih....

    BalasHapus
  2. To Kencana,

    Kalau keluarga besar, biasanya bayank yang mengantar pasien meskipun penyakitnya tidak begitu parah.

    Salam.

    BalasHapus