Minggu, Agustus 11, 2013

Muntah




Minggu yang lalu datang berobat seorang tetangga rumah kami, Ibu K, 70 tahun.
Tetangga kami ini diantar oleh putrinya.

Ibu K berkata “Dok, saya muntah-muntah setelah minum rebusan daun Ara.”

Saya ingin tahu lebih lanjut tentang kisahnya ini dan menjawab “ O..khasiat rebusan daun Ara itu apa, Bu”

“Saya diberi daun pohon Ara oleh teman saya, katanya rebusan daun Ara ini dapat menurunkan kadar Gula darah saya. Setelah direbus, didinginkan dan diminum oleh saya. Tidak lama kemudian perut saya mual dan kemudian muntah-muntah, Dok “ Ibu K melanjutkan.

Saya berpikir memang buah dan daun Ara banyak khasiatnya antara lain juga untuk menurunkan kadar gula darah. Saya mendapat informasi dari Internet tentamg khasiat buah Ara ini. “Ara memiliki sifat anti-diabetes yang dapat membantu Anda menurunkan kadar gula darah. Ekstrak daun Ara juga baik untuk dikonsumsi saat perut kosong di pagi hari.

Mungkinkah rasa mual dan muntah yang dirasakan oleh Ibu K ini merupakan efek samping rebusan daun Ara? Perlu diselidiki lebih lanjut efek samping ini.

Saya berkata kepada Ibu K “Mungkin Ibu merebusnya terlalu banyak sehingga perut Ibu tidak kuat dan merasa mual lalu muntah. Ya sudah, silahkan berbaring di bed pemeriksaan.”

“Saya tidak bisa naik ke bed itu, Dok”

“Ya sudah saya periksa sambil duduk saja ya Bu.“ kata saya selanjutnya.

Pada pemeriksaan didapat tekanan darah dalam batas normal, Jantung dan paru-paru: normal, pada pemeriksaan Perut: perut kembung, banyak udaranya, mungkin juga Ibu ini belum makan.

Saya segera membuatkan resep untuk Ibu K berupa: tablet antispasmodik dan tablet untuk menetralisir asam lambung. Semoga lekas sembuh.-



2 komentar:

  1. Iya, Dok. Segala sesuatu yang berlebihan nggak baik untuk kesehatan. Apa itu berarti daun rebusan ara itu mesti dimakan setelah makan nasi, ya......

    BalasHapus
  2. To Kencana,

    Dari artikel di Internet itu konon rebusan daun Ara itu diminum pada saat perut kosong. Muungkin maksudnya agar penyerapan ekstrak daun Ara ini lebih cepat .

    Kalau timbul rasa mual dan muntah boleh dicoba sekali lagi dengan minumnya pada saat sesudah makan sehingga rebusan daun Ara itu tidak mengiritasi dinding lambung.

    Kalau tetap ada rasa mual dan muntah, ya dihentikan saja minum rebusan daun Ara ini.

    Mungkin dapat dicoba dengan makan buah Ara yang sudah matang saja. Rasanya lebih nyaman ( saya sudah pernah makan buah Ara yang matang di pohon, karena saya punya pohon Ara yang tumbuh di halaman depan rumah kami ).

    Salam

    BalasHapus