Minggu, Mei 02, 2010

SMS






Kemarin pagi saya mendapat kiriman SMS dari Pak A, 35 thn, tehnisi AC mobil yang memberitahukan bahwa AC mobil kami sudah waktunya di service, karena sudah 1 tahun sejak service terakhir.

Tahun lalu Pak A mengerjakan service AC minibus Panther kami. Sejak kami beli tahun 1987 sampai 2010 belum pernah AC itu diservice. AC masih dingin. Tindakan Pak A ini bagus juga yaitu mengingatkan saya untuk melakukan service AC agar AC dalam kondisi yang baik dan udara di dalam Panther tetap dingin.

Biasalah selama sesuatu alat masih berfungsi maka biasanya tidak ada tindakan untuk memperbaiki. Persis seperti pada manusia. Selama mansia itu tidak ada keluhan maka ia ogah melakukan pemeriksaan fisik, padahal usianya sudah termasuk lanjut usia ( Lansia ).

Akhirnya saya menyetujui AC itu diservice ulang: pembersihan fitlter dan tambah gas Freon bila tekanannya sudah berkurang. Bila hari minggu Pak A tidak bekerja di Toko AC mobil sehingga ia dapat bekerja sambilan di rumah-rumah langganannya. Bagi saya enak juga sambil kerja lain di rumah, AC Minibus diservice di halaman depan rumah kami.

---

Saya juga sering mengirim SMS kepada pasien-pasien yang dapat dihubungi via Handphone. Bila ada gangguan kesehatan saya dapat memberikan advis atau minta agar pasien segera memeriksakan diri lagi ke tempat praktik saya. Biasanya pasien-pasien yang menderita penyakit menahun seperti: Tekanan Darah Tinggi, Kencing manis ( Diabetes mellitus ), TBC paru atau penyakit lain.

Umumnya pasien-pasien demikian merasa diperhatikan oleh dokternya dan umumnya pasien mau datang ke tempat praktik saya kembali. Kalau tidak diingatkan maka biasanya pasien tidak datang kembali padahal obat mesti diminum minimal selama 6 bulan ( TBC paru ) atau seumur hidup ( Hipertensi dll ).

Kalau tidak datang kembali untuk kontrol, sering kali mereka datang dalam keadaan yang lebih parah misalnya pasien Kencing Manis mendadak tidak sadar ( Koma hiperglikemikum ). Obatnya tetap diminum tetapi makannya makin dikurangi dengan pemikiran bahwa kalau makannya sedikit maka kadar Gula darah ( Glukose ) tidak tinggi.

Betul tetapi kadar gulanya turun banyak sehinga pasien dapat menjadi tidak sadar ( Koma ). Pengobatannya lebih rumit sebab mesti dirawat di Rumah Sakit dengan segera untuk mendapatkan cairan infus Glukose dll tindakan.

Saya sering menghadapai pasien yang demikian. Penyebab utamanya mereka tidak mau berkonsultasi kepada dokternya kembali. Merasa kalau sudah diberi resep maka itu sudah cukup. Padahal tidak. Tidak semua penyakit kalau sudah diberi resep lalu selesai. Ada banyak penyakit yang terus dimonitoring keadaannya oleh dokter yang merawatnya.

Ngomong-ngomong soal tindakan perawatan atau service, saya juga sering jengkel pada Komputer ( Desktop ) saya. Kalau sudah seminggu tidak dilakukan Cleaning dan Defragmentasi terutama hard disk C maka kerja Komputer makin lambat. Setelah di service maka Komputer bekerja lebih baik.

Filter AC ruangan 2 minggu sekali dibersihkan dari debu. Biasanya saya membersihkan dengan cairan sabun dan sikap gigi bekas agar debu-debu yang melekat pada Filter AC terlepas dan Filter besih kembali sehingga, udara dingin tetap terjaga.

Jadi tindakan service / perawatan setiap alat bahkan manusiapun sangat penting.-


2 komentar:

  1. Disini ada juga loh dok praktek dokter (biasanya praktek pribadi atau praktek bersama) yang menawarkan pelayanan khusus, misalnya untuk mengingatkan jadwal pemeriksaan ulang. Saya pernah ditawari hal tersebut waktu kontrol gigi disini. Mungkin bisa ditiru dok.

    salam,
    Muliadi

    BalasHapus
  2. To TS Muliadi, Muliblog,

    Iya sebenarnya penggunaan SMS utk mengingatkan jadwal kontrole juga penting, tapirespon pasien mungkin kurang baik. Disangkanya dokter ingin agar pasien tetap berkunjung dan membayar fee.

    Ada juga pasien yg merasa tertolong bila diingatkan via SMS.

    Salam sukses.

    BalasHapus