Jumat, Agustus 20, 2010

Darah Tinggi




Penyakit Darah Tinggi atau Hipertensi termasuk penyakit yang banyak diderita oleh pasien-pasien yang datang berobat.

Kemarin sore Pak M, 50 tahun datang berobat karena obat anti Hipertensinya habis. Tekanan darahnya: 150/80 mmHg, masih tinggi juga ayang seharusnya 120-130/80 mmHg.

Saya bertanya “Pak, apakah obat darah tingginya diminum teratur tidak?”

Istri Pak M yang turut mengantar suaminya menjawab “Nah, itu dia Dok. Obat kadang-kadang lupa diminum. Masih tinggi ya, Dok?”

Saya berkata “Iya tekanan adarah Bapak masih tinggi. Pak, untuk mencegah komplikasi Darah Tinggi, obat harus teratur diminum. Juga harus menghindari beberapa pantangan agar tekanan darah Bapak tidak tinggi.”

Pak M menjawab “Padahal saya sudah mengurangi yang asin-asin, Dok.”

“Makanan yang berminyak / berlemak seperti Sop Buntut, Empal Gentong apa masih tetap dimakan?” saya bertanya.

“Ah..itu kesukaan saya, Dok.”

Saya menjelaskan lagi “Pak M, untuk mengobati penyakit Bapak, selain obat-obat harus diminum juga pantangan harus dijauhi  seperti makanan yang asin atau berlemak. Makanan asin akan meninggikan tekanan darah dan makanan berlemak akan meninggikan kadar Kolesterol darah yang tidak baik bagi pasien darah Tinggi.”

Pak M mengeluh “Dulu keika saya sekolah, tidak punya uang untuk membeli makanan kesukaan saya. Sekarang di usia produktif dan punya uang, tapi tetap tidak bisa makan makanan kesukaan saya. Hidup kok tidak nyaman ya, Dok.”

Saya menjawab “Pak, hidup itu banyak pilihan. Keputusan ada di tangan kita sendiri. Makanan yang enak ada dalam makanan yang berminyak. Mau makan yang enak-enak, tapi akhirnya jatuh sakit atau makan yang kurang enak tetapi tetap sehat?”

“Kalau boleh menawar, ingin makan yang enak-enak dan tetap sehat, Dok. He…he…” kata Pak M yang gemar makanan kuliner itu.

“Boleh Pak, tapi makan enaknya sebulan sekali saja dan dokternya diajak makan juga,” guyon saya.

“Setuju, Dok, tunggu undangan makan dari saya, ya,” kata Pak M.

Ah…Pak M ini ada-ada saja.-

2 komentar:

  1. To Armouris,

    Terima kasih sudah berkunjung dan memberi informasi.

    BalasHapus