Selasa, Juni 28, 2011

Abses umbilikus



4 hari yang lalu Pak. F, 26 tahun datang berobat.
Keluhannya dari Puser keluar cairan putih kekuning-kuningan, sejak 5 hari yang lalu.
Terasa nyeri, tidak ada demam, terlihat warna kemerahn pada Puser dan jaringan sekitarnya. Bila ditekan keluar cairan nanah dari sebuah lubang kecil seelah kanan. Puser yang seharusnya cekung ke dalam perut, tampak menonjol, sebesar kelereng.

Selama saya praktik sejak tahun 1980 belum pernah menjumpai pasien yang menderita Abses umbilikus ( abses pada Puser ). Lokasinya sangat riskan yaitu hanya beberapa Cm dari Rongga perut yang berisi Usus dan alat-alat dalam.

Segera saya mengeluarkan cairan Nanah tsb dengan menekan dari arah tepi ke arah titik tengah puser. Ada banyak Nanah ( pus ) yang keluar. Saya berikan Kompres larutan Betadine di atas  Abses tsb.

Saya memberikan resep obat: tablet kombinasi Amoksisilin dan Asam klafulanat, tablet anti inflamasi dan tablet pain killer untuk jatah 5  hari. Saya berpesan ybs melakukan penggantian kompres Betadine tiap 2 jam sekali untuk menyerap Nanah dan berpesan agar hari ke 3 datang control kembali.

Kemarin sore Pak F datang untuk kontrol. Reaksi peradangannya tetap tidak membaik dan masih banyak Nanah di bawah kulit dinding perut. Saya pikir lebih baik di rujuk ke Bagian Bedah RS terdekat untuk dilakukan Incisi ( pembuatan lubang dengan menyayat kulit pada abses ) agar proses pengeluaran Nanah lebih sempurna dan dengan demikian penyakitnya lebih cepat sembuh.

---

Samar-samar ingatan saya menuju ke beberapa puluh tahun yang lalu, saat saya berumur 5 tahun atau 58 tahun yang lalu. Satu saat telapak kaki kanan pada bagian Jempol kaki, terasa nyeri  selama beberapa hari. Makin lama makin membengkak,  terasa nyeri dan kulit tampak kemerahan. Saya tidak dapat memakai sepatu kalau ke sekolah.

Saya  melaporkan hal ini kepada ayah saya, yang segera mengantar saya  berobat kepada salah seorang Dokter praktik umum dekat rumah kami. Saya tidak mengerti dari mana asalnya  luka atau infeksi itu, tau-tau sudah menjadi Abses ( penimbunan nanah di bawah kulit ).

Dokter yang baik dan sabar itu berkata bahwa ini adalah sebuah Abses pada kulit yang  sudah waktunya untuk dilakukan Incisi ( penyayatan kulit ) untuk segera mengeluarkan Nanah yang berkumpul dibawah jaringan kulit jempol kaki kanan saya.

Ada perasaan takut dalam diri saya. Saat itu saya tidak mengerti apa arti Incisi itu dan kaki saya mau diapakan oleh Dokter tsb. Saat saya berbaring di bed pemeriksaan, saya sudah pasrah. Saya tidak berpikir akan mati. Masak mau diobati, kok malah mati. Demikian pikir saya yang berusia masih bocah ini.

Setelah Dokter mengoleskan semacam cairan pada kulit telapak kaki saya, dengan sebuah pisau operasi yang tajam Dokter dengan cepat menyayat kulit telapak kaki saya pada daerah Abses itu. Saya tidak merasakan nyeri sedikitpun, apalagi mengangis. Dokter yang  cekatan itu segera mengeluarkan dan  membersihkan tumpukan Nanah itu.  Telapak kaki saya segera dibalutnya.

Saat pulang Dokter memberikan selembar resep obat kepada ayah saya untuk segera diminum oleh saya. Dalam waktu 5 hari sembuhlah Abses kaki saya. Terima kasih Pak Dokter.

Mungkin sekali Dokter itu sekarang sudah almarhum, sebab peristiwa itu hampir 60 tahun yang lalu. Kalau Dokter itu berumur 40 tahun saat mengobati saya, tentu usianya saat ini sudah 100 tahun. Kemungkinan dokter tsb saat ini sudah dipanggil Tuhan, tetapi jasanya kepada saya tetap saya ingat sampai saat ini.

Setelah sembuh  saya membatin “Terima kasih, Dok. Semoga Tuhan memberkati Dokter.”

---

Peradangan atau Infeksi pada jaringan kulit ( cutis ) atau Celulitis dan jaringan di bawah kulit ( subcutis ) yang tidak segera diobati dengan baik dapat memberikan penyulit ( komplkasi ) berupa infeksi yang  lebih luas dan dalam dan terbentuklah Abses ( penumpukan nanah yang  berasal dari sel-sel darah putih yang mati terserang Bakteri ).

Abses membutuhkan tindakan terapi yang lebih rumit dan lebih mahal, juga memberikan penderitaan yang lebih  hebat.

Pada pasien yang menderita penyakit Kencing Manis ( Diabetes Mellitus ), Ceulitis mesti segera diobati dengan baik. Bila terlamabt maka akan terjadi Abses yang hebat  dan bahkan terjadi Gangren ( kematian jaringan ). Misalnya Jempol kaki yag berwarna Hitam dan mesti dilakukan tindakan Amputasi ( pemotongan dengan Pisau Bedah  ) yang memerlukan waktu rawat inap di Rumah Sakit dan biaya yang aduhai. Berharaplah jangan sampai terjadi komplikasi ini.

54 komentar:

  1. wah sy jadi ingat dulu waktu kecil sering bisulan. habis jatuh naik sepeda , lecetnya banyak , besoknya muncul banyak abses. sama orgtua dikasih salep belerang , he he...

    BalasHapus
  2. To Michael,

    Benar Belerang ( Sulfur ) bersifat antiseptis juga, dapat membunuh kuman-kuman. Banyak orang yang berpenyakit kulit berendam di sumber air panas yg mdg Belerang.

    Satu hal yg mesti diingat, ada orang yang Alergi terhadap Belerang, misalnya setelah mandi dg sabun mandi yang mdg Belerang ( Sulphur soap ), ia merasa gatel-gatel yg hebat.

    Stop dan ganti d sabun lain.

    Salam.

    BalasHapus
  3. Pak Dokter , salam kenal Pak ..sedikit saya mau tanya mengenai keluhan saya yaitu secara tiba2 telapak kaki saya bagian jempol sebelah kiri terasa seperti "ketlusupan" sesuatu yang tajam sangat nyeri , pertama mungkin ada sayatan kayu atau apa gitu , tapi setelah saya periksa dengan kaca pembesar tidak ada satupun benda yang menusuk didaging , akan tetapi sudah seminggu ini rasa tersebut masih ada menusuk dan nyeri sekali , tetapi bila sengaja dipencet-pencet untuk mencari dimana titik sakitnya tidak bisa diketahui , mohon pencerahanya , terima kasih

    BalasHapus
  4. To Rsuryananda,

    Iya benar, biasanya rasa nyeri itu karena ada benda asing melalui tusukan yg tidak diketahui kapan terjadinya.

    Bila diperhatikan akan tampak sebuah titik bekas tusukan itu, tetapi kalau tidak terlihat maka rasa nyeri itu mungkin bukan o.k adanya benda asingyg masuk ke dalam jaringan di bawah jempol kaki anda.

    Utk mengetahui apakah ada benda asing ( klip kertas, kawat kecil dll logam ) buatlah 2 Foto Rontgen Jempol kaki anda ( posisi atas bawah dan posisi dari samping ). Anda dapat mendatangi Klinik Rontegen terdekat di kota anda.

    Hasil foto itu, anda konsultasikan kpd Dokter Keluarga ( langganan anda ). Beliau akan memberikan solusi atas keluhan anda.

    Salam

    BalasHapus
  5. makasih informasinya pak dokter, semoga nggak sampai kena cantengan.. :D

    BalasHapus
  6. To Software gratis,

    Terima kasih sudah berkunjung.

    Salam.

    BalasHapus
  7. Anonim8:57 PM

    Pak dokter saat ini sy jg mngalami adanya cairan yg berbau dan spt nanah keluar dr pusar.. sy sdh diberi obwt oleh dokter dan diminta kontrol kmbaali stelah tiga hari.berhubung libur, saya blm ktemu lg dg dokter. Saat ini ppusar saya msh terasa pedih walaupun nanah yg keluar sdh sdikit skali.bgmn ya dok? Trimkash

    BalasHapus
  8. To Anonim,

    Berapa umur anda saat ini. Untuk berkomunikasi lebih lanjut, bolehkah saya mengetahui email address anda?

    Salam

    BalasHapus
  9. Anonim5:12 PM

    Pak Dokter
    Gusi anak saya bengkak dan bernanah, waktu saya bawa ke dokter gigi anak saya dikasih ibubrufen sirup dan amoxcilin .. waktu saya tanya kenapa tidak diambil tindakan untuk nanahnya, beliau bilang belum bisa karena bengkak, lalu nanahnya bagaimana bu tanya saya, beliau bilang akan diserap obat , kemudian saya dianjurkan untuk kembali lagi 4 hari kemudia untuk mencabut gigi anak saya tersebut .. yg saya tanyakan apa benar obat bisa menyerap nanah, kemudian kenapa giginya harus dicabut sementara gigi anak saya tidak sakit dan tidak bolong atau rusak ... mohon informasi pak dokter ..

    BalasHapus
  10. To Anonim,

    Sebenarnya saya bukan dokter gigi, tetapi karena anda sudah mengajukan pertanyaan maka saya akan mencoba menjawabnya.

    Usia anak anda berapa? Diatas 7 tahun atau dibawah 7 tahun? Diatas usia 7 tahun sudah tumbuh gigi tetap. Dibawah 7 tahun semuan gigi masih gigi susu yg tidak mempunyai akar gigi.

    Tampaknya anak anda menderita radang ( infeksi ) pada gusinya ( ginggivitis ) yang ditandai dg bengkak ( edema ), rasa nyeri, bisa timbul nanah ( nanah adalah sel-sel darah putih yng mati / kalah oleh bakteri yang menyerang ). Dg obat antibitika ( spt Amoxycilin dll ) maka bakteri yg menyerangnya akan mati dan nanah tidak timbul lagi.

    Pada saat stadium dini, maka nanah ini belum banyak. Bila tidak diobati dg obat antibiotika ( utk membunuh bakteri )maka nanah akan semakin banyak. Nanah akan mencari jalan keluar, timbullah lubang nyg dapat mengeluarkan nanah itu.

    Dokter gigi anda telah memberikan obat antibiotika ( Amoxycilin ) dan sirup Ibuprofen ( anti nyeri dan anti peradangan ). Diharapkan dalam waktu 4-5 hari infeksi gusi itu sudah mereda. Kalau sudah reda yg ditandai dengan bengkak gusi sudah membaik, rasa nyeri sudah berkurang, nanah sudah berkurang atau tidak ada lagi, maka rasanya tidak perlu mencabut gigi yang bersangkutan. Untuk apa mencabut gigi ybs, toh infeksinya sudah reda. Kalau belum reda mungkin perlu ditambah obat antibiotikanya, agar infeksinya benar-benar sembuh.

    Kalau usia anak anda masih dibawah 7 tahun kelak setelah usia 7 tahun maka gigi susu tsb akan tanggal sendiri ( tidak perlu dicabut, apalagi gigi tsb tidak berlubang / carriesdentis ) dan akan tumbuh tetapnya yang berakar.

    Demikian jawaban saya semoga dapat bermanfaat.

    Salam.

    BalasHapus
  11. Pak Dokter,

    Sy memiliki teman , perempuan 28th, yang memiliki penyakit kurang lebih seperti abses di kaki kanan area jari2.
    awal mulanya dari sejak SMA jika masuk angin/demam, kaki kanannya ikut sakit. Hingga klimaksnya bulan desember 2012 kemarin tiba2 kaki kanannya bengkak dan kemudian muncul nanah di seluruh jari2nya ( nanah keluar dari kulit di pangkar kuku).

    Setelah itu diperiksakan ke 'alternatif' katanya bakal tumor dan jika terlambat di periksakan maka kaki terancam amputasi. Kemudian setelah beberapa minggu, teman saya periksa ke dokter di salah satu RS. Setelah di rotgen, tidaka da indikasi apa2. Teman saya hanya diberi antibotik yang mengandung obat tidur agar bisa tidur dgn nyenyak.

    Kemudian teman sy konsultasi dengan dokter lainnya, dan diberi solusi untuk membalut setiap jari dengan kain kasa dan disemprot dengan larutan betadine ( betadine campur air hangat). Setelah disemprot larutan beberapa hari ini, tinggal jari telunjuk bagian kanan yang masih bernanah.

    Sebagai informasi,
    1/Jempol kaki kanan nya terlihat hitam namun sudah cek gula darah dan hasilnya negatif ( tidak diabetes).
    2/ jari telunjuk kisut arah horisontal

    Yang saya ingin tanyakan, apakah kondisi kesehatan kaki bisa kembali sperti semula? adakah terjadi radang/ matinya sel darah putih di dalam tubuh/ kaki teman saya?

    BalasHapus
  12. To Asha S,

    Adanya nanah menunjukkan adanya suati infeksi jaringan disekitar jari tsb. Dengan pemberian obat antibiotika yg sesuai maka infeksi akan reda dan dapat sembuh kembali. Semoga kakinya dapat sembuh seperti sedaiakala. Syukur tidak ada Kencing Manisnya dan kalau ada mesti diobati juga. Mintalah obat antibiotika yang sesuai utk mengatasi infeksinya.

    Salam.

    BalasHapus
  13. salam pak dokter.
    saya mau tanya,,cara ngeluarin nanah itu gimana ya,,,
    saya kemarin baru saja melakukan perjalanan yang lumayan jauh tanpa alas kaki pak,,
    sekarang telapak kaki saya sepertinya bernanah dan sulit untuk memijak,rasanya sakit sekali,,
    bagai mana untuk mengatasinya dok,,
    terima kasih

    BalasHapus
  14. To Rizki Amalia,

    Terapi of choice untuk Abses adalah dengan membuat insisi ( sayatan) pada puncak abses dan nanah yang ada di dalamnya dikeluarkan. Ini kalau abses nya sudah matang ( kalau di tekan dgn 2 jari telunjuk, ada perasaan timbul tenggelam jarinya). Lalu minum kaps Antibiotika selama 5 hari.

    Kalau belum matang, maka minumlah dahulu antibiotika utk mengatasi infeksinya.

    Sebaiknya anda datang ke Puskesmas atau Dokter praktik terdekat utk minta bantuan meng-insisi abses di telapak kaki anda.

    Semoga dapat membantu.

    Salam

    BalasHapus
  15. info yang menarik, mau tanya pak, kalau sakit seperti foto di atas, tapi terletak di telapakkaki seperti melepuh kena api dan dalamnya berair, itu penyakit apa ya pak...

    BalasHapus
  16. Itu namanya Bula, suatu kantong di bawah kulit yang berisi cairan. Biasanya akibat luka bakar atau penyakit infeksi kulit. Pengobatannya ialah bula itu disayat agar cairannya keluar dan minum kapsul antibiotika utk cegah infeksi.

    BalasHapus
  17. Anonim11:08 PM

    Pak dokter saat ini sy jg mngalami fistula umbilicus kata dokter d Rs; awalnya adanya cairan yg berbau dan spt nanah keluar dr pusar.. udah 14hari sakitnya hingga setelah berobat ke dokter dan akhirnya disarankan operasi karena sudah infeksi. nah 4hari kemudian nyeri sy sudah hilang dan ndk terasa sakit, tp masih keluar nana (pus) dikit2. apa adanya kondisi kemajuan udah gak terasa nyeri meskipun msh ada nanah dan sedikit pedih (terkadang), diagnosa adanya infeksi itu msh tetep ya dok? karena dari hasil foto kontras fistulagraphy itu ada infeksi (2hr yg lalu). nah apakah keputusan untuk d operasi itu msh mgkn apa tidak?
    terima kasih dok.. mhn infonya
    email: cakhaqi@gmail.com

    BalasHapus
  18. To Cakhaqi,

    Kalau masih ada nanah yg keluar meskipun sedikit berarti infeksainya masih belum sembuh benar. Kalau ada Fistula umbilicus, adanya saluran di sekitar umbilikus ( pusar ) terapi yg tepat adalah dilakukan operasi utk menutup saluran tsb. Bila tidak dioperasi nanti di lain waktu akan terjadi infeksi lagi dan keluar nanah lagi. Sebaiknya dilakukan Operasi saja.

    Demikian jawaban saya. Semoga dapat membantu.

    salam.

    BalasHapus
  19. Pak dokter,
    Sy mau tny. Barusan 2 hari yg lalu sy terkena abses di bagian dagu sy. Lalu sy g sabaran, sy pencet & keluar nana sedikit di sertai darah putih
    Lalu keesokannya smkn menyebar dan besar,bahkan sy kalau bicara/makan nyeri & susah.
    Obat apa yg harus sy gunakan? Alternatif apa biar cepat sembuh? Sy msh sma & sy malu kalau teman2 tau wajah sy bengkak dan panjang
    Apa antibiotik bisa mempercepat kesembuhan?

    BalasHapus
  20. To Sheilavia Nadela,

    Kalau Abses itu belum "matang" dan dipencet-pencet maka akan tyerjadi peradangan di jaringan sekitarnya sehingga menimbulkan bengkak, rasa nyeri, dan tarab agak panas. Abses itu adalah infeksi pada suatu jaringan tubuh misdalnya kulit.

    Anda harus diberi terapi berupa: antibiotika, misalnya Cefixime 100 mg kaps, xv, 3x1 kaps/hr, Tablet Prednison xv 3x1 tab/hr dan Panadol 3x1 ntab/hr selama masih terasa nyeri ( 2-3 hari) dan lokal olesi dengan Bactoderm krim sehari 3 kali. Semuanya dapat dibeli di Apotikl terdekat.

    Semoga lekas sembuh.

    Salam.

    BalasHapus
  21. Dok, beberapa minggu lalu tepatnya tgl 23 maret, kaki saya mendadak bengkak dengan cairan. Kesokan harinya makin besar dan menimbulkan nyeri yang luar biasa. Trus saya coba kasih bio plasenta dan ternyata cairan itu sedikit pecah hingga cairannya keluar dikit-dikit. Sampe beberapa hari trus keluar cairannya. Dan cairannya kayak air kemerahan. Trua gak lama saya paksa keluar semua airnya tapi kok malah kayak mengeras nanahnya. Sama temen sya yg anak kedokteran, dipencet dikeluarin nanahnya tapi gak bersih soalnya dia gak bawa peralatan. Akhirnya saya cuma disuruh bersihin selalu pake dettol antiseptik sama betadine. Beberapa hari ini udah kering lukanya. Cman masih ada putih seperti daging yg kalau dicuci pake dettol suka terkelupas sedikit-sedikt. Dan putih-putih itu kalau ditekan agak sakit. Menurut pak dokter gimana kondisi kaki saya sekarang?

    BalasHapus
  22. To Elysa Tobing,

    Nampaknya kaki anda terkena infeksi. Nanah yg timbul memang mesti dikeluarkan.

    Untuk menyembuhkannya minumlah kapsul/tablet antibiotika: Cefixime 100 mg, X, 2x1 kaps atau Ciprofloxacin 500 mg, X , 2x1 tablet. Belilah obat ini di Apotik
    terdekat.

    Olesi kulit tsb dengan Bactoderm krim, pagi siang dan sore setelah mandi.

    Untuk meredakan nyeri minumlah tablet anti nyeri Parasetamol 500mg, 3x1 tablet selama masih nyeri.

    Semoga lekas sembuh.

    Salam.

    BalasHapus
  23. Dakter yg baik. Saya mau bertanya tentang perbedaan abses umbilikus dengan fistula umbilikus? Saya mengalami rasa nyeri yg hebat diseputarpuser saya setelah berobat rasa nyeri saya hilang. Obat yg diberikan hanya cataflam dengan antibiotik,tetapi setelah hilang rasa nyeri timbul cairan yg keluar dari puser seperti nanah dan berbau,setelah habis obat saya kembali berobat akan tetapi cairan yg keluar tidak berhenti sampai sekarang. Saat ini saya menunggu jadwal operasi karena dokter ahli penyakit dalam sudah merekomendasikam saya untuk dibedah atau oprerasi. Sekarang keadaan puser saya sudah membengkak seperti kelereng dan perih karena bernanah. Yg ingin saya tanyakan keadaan ini termasuk dalam kategori abses atau fistula umbilikus? Mohon jawabannya saat ini terima kasih

    BalasHapus
  24. To Satria Pratama,

    Abses dimana pun lokasinya mengandung banyak nanah yg mesti dikeluarkan. Abses terjadi dari celulitis / radang kulit yang tidak diobati sehingga penyakit bertambah parah dan menjadi abses. Abses bila sudah matang bisa pecah sendiri atau kita yg membuat lubang utk mengeluarkan isi abses / nanah. Tanpa dibuat lubang maka nanah tidak akan keluar dan badan akan demam dan terasa sakit sekali.

    Membuat lubang pada Abses umbilikus mudah. Dengan pisau bedah yg steril dokter praktik umumpun bisa melakukan ditempat praktik mereka. Dengan membuat sayatan pada permukaan kulit abses tsb dan nanah akan segera keluar, bersihkan nanah dari dalam abses itu. Lalu kompres dengan kain kasa yg telah diberi larutan Betadine ( antisepstis ). Beri minum tablet/kapsul antibiotika dan tablet pain killer. dalam waktu 3-4 hari abses akan sembuh.

    Kalau Fistel, itu kelaianan berupa saluran dalam kulit yg mesti dioperasi untuk menutup saluran fistel itu. Tanpa dioperasi fistel tidak akan sembuh. Perlu penanganan Dokter Ahli Bedah Umum untuk mengobatinya.

    Demikian semoga dapat berguna.

    Salam

    BalasHapus
  25. Anonim5:00 AM

    Pak Dokter, ibu saya mengalami pembengkakkan pada bagian pusar, pusarnya itu ada tonjolan seperti mau keluar, terutama apabila sedang berbaring dan kalau ditekan terasa agak keras apalagi kalo sudah makan, tetapi kata ibu saya tidak ada bau ataupun cairan nanah yg keluar.
    Bobot tubuh ibu saya cukup besar, bahkan bs dibilang obesitas, usianya saat ini 56 tahun,,
    Mohon infonya ya Dok hal ini apa penyebabnya dan tindakan apa yang harus saya lakukan? Terima Kasih (Wenti)

    BalasHapus
  26. To Anonim,

    Mesti diperiksa be3njolan itu berisi cairan nanah atau bukan? Kalau benar berisi nanah berarti ada infeksi di daerah tsb dan nanah mesti dikeluarkan/dibersihkan.

    Ibu anda mesti diperiksa oleh seorang dokter umum/bedah yg nanti akan membantu ibu anda.

    Semoga dapat bermanfaat.

    Salam.

    BalasHapus
  27. Dok..skitar pusar ibu saya juga bengkak kemerahan. Dulu pernah seperti ini juga, tapi krn gesekan dg kancing celana. Ditempeli daun sirih bengkak pecah nanah darah dan sembuh. Tapi bengkak yang ini blm pecah meski ditempelin sirih, bengkak merah nanah ini kluar sndiri dok. Tdk kena kancing atau lecet.kondisi ibu saya juga jd demam. Baiknya gmn dok?.thanks

    BalasHapus
  28. To Sandha Hime,

    Ibu anda menderita Infeksi yg terbukti dari adanya gejala demam ( panas badan). Sekitar Umbilikus ( pusar) terdapat benjolan yang berwarna merah, nyeri dan keluar nanah.

    Ibu anda harus minum obat antibiotika. Jangan ditempeli lagi dengan Daun Sirih. Segeralah anda minta bantuan dokter terdekat.

    Kalau sudah "matang" abses itu harus dibuat sayatan ( insisi ) dengan pisau bedah atau gunting untuk membuat lubang sepanjang 0,5-1 cm utk mengeluarkan nanah yang terdapat di dalamnya.

    Bila nanah tidak dikeluarkan semua maka infeksi itu tidak akan reda. Setelah di lakukan insisi, minumlah obat antibiotika, tablet anti nyeri dan tablet anti peradangan. Bila ini dilakukan maka dalam waktu 3-4 hari infeksi akan reda dan sembuh.

    Sekian. Semoga dapat membantu.

    Salam.

    BalasHapus
  29. Anonim7:55 PM

    selamat malam pak dokter..
    saya mau konsultasi.pusar sodara saya beberapa hari ini berair n kemarin mulai mengeluarkan nanah dan berbau.bukan hanya itu,kata sodara bagian perut di bwah pusarnya tersebut terasa sakit sekali n terkadang mengencang.menurut pak dokter penyakit apa yang sodra saya alami??terima kaih

    BalasHapus
  30. Nama anda siapa?
    Berapa umur saudara anda? pri / wanita?

    Salam.

    BalasHapus
  31. salam kenal dok...
    saya mau konsultasi dah 1 bulan ini saya terkena abses payudara,waktu awal terkena abses dokter memberikan tindakan insisi,banyak cairan yang keluar dari payudara saya,sampai sekarangpun abses saya masih belum sembuh dan bengkak, gmn dok cara mengatasinya????namun posisinya sekarang saya hamil 8 bulan dok.... obat apa yang dapat saya minum dok....?????

    BalasHapus
  32. To Ny. Surya,

    Kalau benar abses, maka nanahnya mesti dikeluarkan lagi. Mungkin yg dulu insisinya tidak bersih , masih ada sisa nanah. Silahkan anda berkonsultasi dg Dokter Kdbidanan anda.

    Salam

    BalasHapus
  33. Dok teman saya kena abses tapi absesnya sudah pecah dan berlubang besar sering nyeri saya selalu tutup lubngnya dengan kassa steril dan revanol dan sudah minum antibiotik amoxilin juga cataflam 50 gr apakah sudah benar yang saya lakukan? Trims

    BalasHapus
  34. To Putri Charmy,

    Baguslag kalau abse3snya sudah pecah dan berlubang. Sebaiknya keluarkan isi abses ( nanah dan sedikit darah ) dengan mengurut-ngurut kulit sekitar lubang itu untuk mengeluarkan semua isi abses tsb. Setelah ke3luar semua kompres dengan kasa yg sudah direndam dengan larutan Rivanol / Betadine. Ganti kompres ini sehari 3-4 kali dengan kain kasa yang baru agar isi absesnya tersedot keluar.

    Minumlah antibiotika, sebaiknya selain Amoxycilin, misalnya Ciprofloxasin ( dapat dibeli di Apotik terdekat ) 500 mg tablet, 12 tablet, sehari 2 x 1 tablet. Boleh juga ditambah Cataflam ( anti radang ), 3x1 /hari. Bila ada nyeri boleh minum tablet pain killer seperti Parasetamol ( Panadol ) 3x1 tab/hari atau Ibuprofen 200 mg, 3x1 tablet/ hari.

    Kalau mandi jangan kena air sabun dahulu. Biarkan kering.
    Dalam beberapa hari akan membaik.

    Semoga dapat membantu.

    Salam.

    BalasHapus
  35. Dok, salam kenal..

    Sudah 2 minggu saya terkena abses.
    Di punggung samping daerah tali bra.
    Tapi anehnya saya tidak merasakan demam. dan sakitnya juga ringan, hanya saat kena tekan baru sakit, padahal bengkak nya besar.
    Sesekali sakit tapi tidak lama hanya seperti ditusuk jarum.
    Kemudian saya periksa ke dokter, dan dokter memberi saya asam mefeanat, dan berkata bahwa nanti dibersihkan di klinik.
    Berarti saya harus tunggu sampai pecah ya dok ?
    Tetapi sudah sekitar semingguan sejak saya berobat, belum pecah dok ?
    kira-kira untuk pecah nya itu berapa lama ya dok ?
    memang sudah terlihat nanah nya tapi tidak terlalu banyak.
    Kalau pun itu gejala bisul, untuk bagian mata bisul nya tidak ada tanda akan keluar..
    Bagaimana ya dok ?
    Langkah selanjutnya yang saya lakukan seperti apa kira2 ?

    Trims dok
    Salam Hangat

    BalasHapus
  36. Malam dok, nama saya Denny. Usia 28th. Ada yg ingin saya tanyakan, skitar 3-4hr yg lalu bagian pusar saya ad benjolan kecil, setelah 2 hr berikutnya tambah memerah, bengkak, nyeri dan perih bila tergeser oleh kain kaos yg saya kenakan.

    Lalu smpai detik ini saya hanya meminum antibiotik floxid 1x2 saja. Td saya bawa ke dokter bedah, beliau bilang bahwa ini harus dioperasi bius total dgn dokter anastesi karna kalau bius lokal dan nanah dikeluarkan takut saya ga kuat sakitnya.

    Yg ingin saya tanyakan bagaimana tindakannya sok soalnya takut disayat san tidak pernah mengalami kejadian seperti ini dan tdk pnah masuk rmh sakit apakah bisa dikeluarkan sendiri?dan sembuh sendiri?

    Ap sebaiknya hanya mau mandi saja bagian ini ditutup atau setelah mandi juga ditutup dgn diberi betadin?

    Dan td saya juga sdh menambahkan cataflam

    Email saya:
    dennykur87@gmail.com
    ATAU
    newpalapaprinting@gmail.com

    Sebelumnya terima kasih banyak dok...sukses selalu

    BalasHapus
  37. To Tita Widya,

    Kalau dokter anda hanya memberikan obat Asam Mefenamat saja, hal ini tidak akan menyembuhkan teradangan kulit di punggung anda. As. Mefenamat hanya sebagai penghilang rasa nyeri saja.

    Semestinya anda juga minum Kapsul Antibiotika utk mengatasi infeksinya,misalnya Tablet Ciprofloxasin 500 mg, 2x1 tab/hari selama 5 hari atau Kapsul Cefixime 100 mg , 2x1 kaps/hari selama 5 hari.

    Peradangan kulit yang belum menjadi Abses ( banyak nanahnya ) mestinya dapat disembuhkan dengan minum antibiotika.

    Bila suatu saat terjadi penumpukan nanah ( abses ) maka abses itu perlu dibuka dengan sedikit menyayat sedikit kulit tsb agar terjadi lubang utk mengeluarkan nanahnya.

    Bila nanah sudah keluar dan dibersihkan, maka dalam waktu 2-3 hari akan sembuh. Minum antibiotika diterusklan selama 3-4 hari lagi.

    Semoga dapat membantu.

    Salam.

    BalasHapus
  38. To Denny,

    Untuk mengobati infeksinya cobalah anda minum kapsul antibiotika yg lebih baik misalnya Cefixime 100 mg ( Sporetic 100 mg ), sehari 2x1 kaps selama 5 hari, minum Cataflam juga boleh sebagai anti peradangan. Bila berhasil maka infeksi kulit tadi tidak menjadi Abses.

    Bila sampai terjadi abses maka nanah yg terkumpul harus dikeluarkan dengan membuat lubang pada puncak Abses nya. Nanah dikeluarkan semuanya. Antiotika dilanjutkan 3-4 hari lagi.

    Bila tidak dapat mengeluarkan sendiri nanahnya, maka anda mesti minta bantuan tenaga medis terdekat. Pengeluaran nanah pada Abses sebenarnya tidak perlu dengan bantuan Pembiusan lokal / total ( pasien tertidur ). Ini memerlukan biaya yang cukup besar.

    Salam

    BalasHapus
  39. Slmt siang dok,
    Terimakasih sudah menjawab pertanyaan saya,

    Kabar baik, bahwa abses yang saya alami sudah pecah,
    tetapi ada kabar kurang baik, bahwa nanah yang keluar belum semua.

    Bengkak nya memang sudah kempes, tetapi ada bulatan kecil putih yang terlihat seperti nanah masih ada dan belum keluar.
    Setelah saya ke dokter ada 2 alternatif yaitu insisi atau ditunggu sampai nanah nya keluar dengan menekan terus ke arah lubang, saat abses pertama pecah.
    ( karena lubangnya masih ada )

    Itu bagaimana ya dok ? saya sih sudah tidak merasakan sakit lagi, dan bengkak nya pun sudah kempes.

    Salam

    Balas

    BalasHapus
  40. To Tita Widya,

    Kalau masih ada titik putih ( nanah ) berarti nanahnya belum keluar semua. Keluarkan nanah yg masih ada dengan cara mnekan-nekan sekeliling lubang ke arah lubang agar semua nanah keluar. Bila nanah sudah keluar ( sudah bersih ) maka dalam beberapa hari akan sembuh. olesi uka itu dengan larutan Betadine ( yg dapat dibeli di Apotik tanpa resep dokter ). Jangan lupa kapsul antibiotikanya terus diminum selama 3 hari lagi, utk cegah infeksi.

    Salam.

    BalasHapus
  41. Selamat malam dokter.
    Lubang pusar saya bengkak dan mengeluarkan cairan jika ditekan akan keluar lebih banyak dan bau. Jika dirabah bagian atas lubang pusar saya ada sesuatu yang keras dan terasa besar. Apa yang harus saya lakukan, dok ?

    BalasHapus
  42. To Cynthia anabella,

    Kemungkinan besar anda menderita Abses umbilicalis. Isi abses mesti dikeluarkan dengan sedikit sayatan, isinya nanah yg harus dibersihkan.
    Anda bisa minta bantuan ke Klinik Bedah di RS setempat. Setelah dibersihkan, anda mesti minum obat Antibiotika dan tablet anti nyeri selama 4-5 hari.

    Semoga cepat sembuh.

    Salam.

    BalasHapus
  43. malam dok, di telapak bawah jempol kaki saya muncul nanah, yg terasa sakit sekali jika bersentuhan sedikit saja dg lantai atai sendal yg saya pakai. Sejauh ini hanya saya beri rivanol, kira2 ini kenapa ya? Dan apa yg sebaiknya saya lakukan?

    BalasHapus
  44. To Kelasb,

    Nampak ada Abses di jari anda.
    Silahkan anda datang ke Dokter praktik terdejat atau ke Klinik bedah di RS utk mengeluarkan / di incisi nanahya. Kemudian anda harus minum antibiotika misalnya Amocycilin atau lainnya.

    Semoga dapat membantu.

    Salam

    BalasHapus
  45. To Kelasb,

    Nampak ada Abses di jari anda.
    Silahkan anda datang ke Dokter praktik terdejat atau ke Klinik bedah di RS utk mengeluarkan / di incisi nanahya. Kemudian anda harus minum antibiotika misalnya Amocycilin atau lainnya.

    Semoga dapat membantu.

    Salam

    BalasHapus
  46. bapak basuki yang terhormat,
    pusar saya sudah hampir seminggu mengeluarkan cairan yang berbau.Dulu awalnya sakit, tapi setelah saya bawa ke dokter dikasih antibiotik cairan sudah mulai berkurang. Tapi kok belum kering-kering ya dok.Tiap pagi saya kompres pakai air hangat+garam terus saya tutup dengan kapas yang diberi betadine.Kata dokter saya,itu seperti bisulan(wudunan menurut orang jawa. Apa bener itu dok,

    BalasHapus
  47. To Agung W,

    Radang kulit dengan banyak nanah ( abses ) , maka nanahnya mesti dikeluarkan. Benjolan itu di insisi ( disayat seedikitbv dengan pisau bedah ) dan nanahnya dikeluarkan, dibersihkan. Beri larutan Betadine dan kasa pembalut steril, minum antibiotika dan talet anti peradangan. 2-3 hari akan mengering dan sembuh.

    Bila nanah tidak dikeluarkan maka radang kulit ini tidak akan sembuh2. Mesti dikeluarkan.

    Ini dapat dikerjakan di Klinik Bedah ( RSU ) terdekat atau dokter praktik terdekat.

    Salam.

    BalasHapus
  48. Selamat malam dok.

    Sudah hampir dua minggu ini sy mngalami masalah dgn pusar sy. Awalnya, sy membersihkan pusar dgn jari pakai sabun. Setelah dibersihkan, pusar saya terasa gatal dan pedih, ada cairan kering berwarna kuning, dan berbau. Saat ini saya membersihkan pusar menggunakan minyak kayu putih. Tetapi pusar tetap gatal, pedih, berbau dan mengeluarkan cairan yg lebih banyak dari sebelumnya. Bagaimana cara mengatasinya dok?
    Hari ini tenggorokan sy terasa sakit saat menelan, sakit kepala, dan badan seperti mau demam, apakah itu berpengaruh dari sakit pusar saya dok?

    Terima kasih dok.
    Ika

    BalasHapus
  49. To Veronika Sadeka,

    Saya rasa tidak ada hubungannya antara Sakit tenggorokan dengan peradangan sekitar pusar anda.

    Bila pusar anda mengeluarkan cairan kuning ( nanah ) dan berbau berarti ada infeksi / peradangan kulit sekitar pusar anda.

    Nanah itu mesti dikeluarkan dengan sedikit sayatan dengan pisau bedah. Nanah akan dikeluarkan melalui lubang tsb. Anda dapat mengunjungi bagian Bedah tipa Rumah Sakit terdekat. Nanti Dokter yg bertugas akan memberikan tindakan dan resep utk anda.

    Salam,

    BalasHapus
  50. Mlm dok
    Sya seorang ibu satu anak usia 30 tahun. Sya tdk bgtu tau apkah ni abses payudara atau infeksi payudara. Krn Sdh 4 hri ni sya terbaring krn abses d daerah sekitar puting susu sya. Awal nya bermula dr lecet d sekitar puting susu. Sya cm pake obat oles biasa tp 3 hri kmudian tdk kunjung sembuh malah sy mngalami demam tinggi plus puting susu sya bengkak dan area sekitar puting pun memerah. Tdk ad benjolan hnya sja sya merasa sakit yg luar biasa, sya cb mnum obt antibiotik keesokan hrix nanah keluar sedikit demi sedikit hingga hri ni pun masih menetes nanah nya.pertnyaan sya dok apakah nanah yg kluar dr daerah d sekitar puting susu itu sdh pertanda klo infeksi ni akan sembuh atau kah bgmn dokter,...??? MOHON PENJELASANNYA DOKTER KARENA SAYA TIDAK MAU D OPERASI SAYA MASIH BERHARAP BISA MENYUSUI ANAK SAYA YANG SUDAH 6 HARI TDK SAYA KASIH ASI
    Terima kasih dok.
    Novia

    BalasHapus
  51. To Ophie,

    Kalau salah satu payudara anda ada kelainan / infeksi jangan lah Asinya diberikan kepada putra anda.

    Kalau payudara anda mengeluarkan nanah berarti ada peradnmgan / infeksi / abses disana. Bila ada benjolan yg berisi nanah sebaiuknya dilakukan sayatan / insisi pada benjolan tsb utk mengeluarkan nanahnya. Kemudian minum Kaposul antibiotika dan kompres bekas sayatan kecil tadi. Pur=tra anda diberi ASi dari Payudara yg satunya lagi.

    SAilahkan anda datang memeriksakan diri kepada dokter praktik terdekat. Semoga lekas sembuh.

    Salam,
    dr. Basuki P.

    BalasHapus
  52. Assalamualaikum,dokter nama saya putri intan saya seorang mahasiswa dari universitas muhammadiyah malang,saya ingin menanyakan tentang gejala saya. Suatu hari saya membersihkan pusar saya,lalu pusar saya terasa sakit,namun tidak saya periksa kan karena saya pikir ini adalah sakit biasa,pada hari sabtu tiba-tiba pada pusar saya mengeluarkan cairan putih seperti nanah yang berbau,karna bertepatan pada hari sabtu sore dan poliklinik di kampus saya pada hari itu tutup maka saya menunda periksa sampai hari senin. Namun pada hari minggu cairan yang keluar dipusar saya masih keluar dan bercampur dengan darah beserta ada bagian yang menonjol dalam pusar. Pada hari senin ketika saya ke poliklinik dikampus saya,dokter tersebut mendiagnosis bahwa saya terkena suspect fistel di umbilicus,dokter tersebut membersihkan pusar saya dengan kain kasa dan menyarankan untuk rawat jalan dengan mengganti plester dipusar saya dan saya diberi obat antibiotik dan antinyeri.Setelah 6 hari saya rawat jalan di poliklinik tersebut nanah keluar hanya sedikit dan sudah tidak nyeri namun masih keluar darah lalu saya membawa ke sebuah rumah sakit didaerah saya yakni tumah sakit lavallet dan dokter dari rumah sakit tersebut mendiagnosis pusar saya hanya terkena bakteri dan bukan fistel. Saya bingung,menurut dokter dari gejala yang saya alami apakah ini fistel atau abses saja dokter ? terima kasih wassalamualaikum

    BalasHapus
  53. To Putri,

    Rupanya anda menderita infeksi sekitar pusar atau abses umbilikus.

    Anda sudah berobat kepada dokter dan RS. Anda sudah mendapat terapi yg baik.

    Kalau masih belum sembuh benar, maka anda harus berkonsultasi lagi kepada Dokter yg merawat anda. Kemungkinan anda perlu menhkonsumsi obat Antibiotika tambahan utk menanggulangi infeksi tsb.

    Kalau itu berupa Fistel, maka terapinya adalah dgn cara operasi yaitu menjahit/menutup lubang ( fistel )nya. Cobalah anda berkonsultasi kembali dgn dokter anda.

    Salam,
    dr. Basuki P.

    BalasHapus
  54. Anonim4:15 PM

    Iya sata juga ngalamin persis abses umbilikus. Tepat di lubang pusar ada bisul segede kacang atom merah banget.
    2 minggu sebelumnya sy di USG ada kista, diberi antibiotik 2 minggu ngga baik2. 3 hari sevelum operasi, di lubang pusar ada benjolan segede ujung beras, merah muda. Besok nya menjadi segede jagung, besok nya lagi segede kacang atom. Akhirnya bedah saja, ada 2 benjolan (di dalam lapisan lemak & di luar). Legaaa karena selama 2 minggu nyeri hebat. Proses penyembuhan 2 minggu sejak operasi. Jadi saya total 1 bulan gerak terbatas untuk penyakit ini saja. Oiya jangan lupa minta tes kultur jaringan

    BalasHapus