Rabu, Juni 22, 2011

Paronychia



Mungkin anda pernah menderita Paronychia, suatu peradangan atau infeksi di ujung jari kaki / tangan dan sekitarnya.

Bila ini terjadi maka akan timbul: warna kemerahan ( rubor ), bengkak ( edema ), nyeri ( dolor ),  suhu lebih tinggi dari jaringan sekitarnya ( calor ) ,  tangan / kaki ybs akan mengalami gangguan fungsi ( fungsio laesio ). Semuanya itu merupakan tanda adanya suatu peradangan atau infeksi.

Kecelakaan kerja dapat menimpa seseorang  saat bertugas, dimana  saja dan kapan saja ( mirip slogan Cola-cola nih ). Saat bertugas:
* Tangan seorang penjahit bisa tertusuk Jarum.
* Koki di dapur bisa tersayat tangannya saat memotong sayuran.
* Montir Radio / TV bisa kesetrum listrik
* Kaki Petani dapat luka terkena Pacul di sawah.
* Dokter / Bidan / Perawat dapat tertusuk Ujung Jarum Suntik

---

Minggu yang lalu saat di kampung kami mengikuti Lomba Keurahan Tingkat Kota, yang berlanjut ke Tingkat Propinsi Jabar, semua aparat di Tingkat Kelurahan kami mempunyai kesibukan yang luar biasa. Semua unsur yang ada di Kelurahan wajib mensukseskan Lomba ini.

Pak RT suatu sore  berkunjung ke rumah kami dan berkata “ Dok, tolong besok pagi sampai sore di depan rumah dokter ditaruh pot tanaman / bunga. Ini perintah dari Pak Lurah.”

Saya menjawab “Baik, Pak, besok ada kunjungan Tim Penilai ya Pak.”

“Betul, Dok. 2 Pot tanaman bunga itu  saja, Dok,” kata Pak RT sambil menunjuk ke arah Pot-pot bunga yang ada di halaman depan rumah kami.

Keesokan harinya, pagi sekitar 05.30 saya selesai menyapu halaman depan, mencoba memindahkan 2 pot yang dimaksud oleh pak RT. Masing-masing Pot itu berisi tanah seberat sekitar 20 Kg, cukup berat untuk dipindahkan sejauh 10 meter ke daerah kaki lima di depan rumah.

Saat memindahkan Pot tentu tidak bisa sekali gus, tetapi saya memindahkan  selangkah demi selangkah. Nah saat itu kok jempol kaki saya tergencet oleh salah satu Pot bunga tadi. Sedikit nyeri.

Setelah beres memindahkan ke 2 Pot Bunga tadi, saya segera mandi. Terasa segar guyuran air hangat megenai seluruh tubuh saya. Saya merasa perih pada jemol kaki kiri saya dan astaga… ada sedikit luka kecet dan tampak berdarah juga.

Selesai mandi, segera saya mengoleskan larutan anti septik Betadine. Saya pikir beres deh.

Siang hari saat saya  pergi menuju sebuah Mall untuk membeli suatu barang, saya memakai sepatu yang biasa saya pakai. Di Mall saya banyak berjalan. Sepulang dari Mall jempol kaki saya  bertambah nyeri. Wah…enggak beres nih kaki.

Jempol kaki kiri saya olesi dengan sebuah merek Krim antibiotika.
Keesokan pagi saat saya bangun tidur,  jempol itu sudah membengkak, nyeri, dan tampak setitik nanah. Wah ganas juga efek kegencet Pot yang terbuat dari sebuah drum kaleng Bunga itu. Bagian dasar Pot itu tidak bersih dan sudah berkarat. Kotoran itu mengenai kulit yang lecet menyebabkan terjadiya suatu infeksi. Benar-benar kecelakaan kerja nih, saya pikir.

Khawatir akan berdampak makin parah jempol kaki saya olesi terus dengan Krim antibiotika  itu dan ditambah dengan minum kapsul Antibotik yang mengandung Linkomisin ( generik ), suatu turunan dari Penisilin yang bagus untuk bakteri yang Gram Positip seperti Streptokokus, Stafilokokus dll yang saya pesan dari sebuah Apotik langganan saya.

Dalam bilangan 24 jam (standar waktu yang saya pakai untuk menilai apakah suatu antibiotika itu cocok atau tidak ) jempol kaki kanan saya tampak sudah membaik, tidak bengkak dan nyeri lagi. Saya tidak minum tablet Pain killer lagi. Itupun hanya saya minum 1 tablet.  Saya  habiskan kapsul antibiotika itu untuk selama 5 hari ( 15 kapsul ). Saat ini saya sudah dapat memakai sepatu  tanpa merasa nyeri lagi.

Berbicara tentng Paronychia, saya teringat beberapa orang pasien yang menderita Diabetes Mellitus ( Kencing Manis ) yang semula menderita Paronychia atau luka lecet di punggung bisa sampai masuk Rumah Sakit dan jempol kakinya di amputasi akibat membusuk,  warna berubah menjadi Hitam yang menunjukkan kematian jaringan ( gangrene ) pada jempol kaki.

Kadar Gula yang tinggi dalam tubuh pasien tsb, membuat Bakteri penyebab infeki akan menjadi cepat berkembang biak dan menyerang jaringan tubuh. Kejadiaanya sederhana ( mungkin hanya suatu kecelakaan kerja  yang ringan saja ), tetapi dapat berdampak luas dan menghabiskan biaya yang tidak sedikit dan kecacadan.

Sangat disarankan untuk menghidari suatu kecelakaan kerja bagi kita semua termasuk: memakai Helm saat mengendarai Sepeda motor, memakai Seatbelt dengan benar saat mengemudikan mobil, memaki Helm saat bekerja disuatu proyek pembangunan gedung dll.

Advis yang sangat sangat penting juga ialah: jangan mengijinkan anak-anak memasuki Dapur. Kalau terpaksa harus masuk Dapur, wajib didampingi oleh orang lain ( Ibunya atau pengasuhnya ).

Mengapa? Sebab Dapur berbahaya bagi anak-anak! Disana ada benda-benda yang dapat mengancam keselamatan seperti: Api ( kompor yang menyala ), ada benda tajam ( pisau, golok, garpu ). Benda-benda itu mempunyai 2 sisi. Sisi baik dan sisi jahat. Oleh karena itu  kita harus mengunakannya dengan bijaksana.

Selamat bekerja. Semoga Anda tidak mengalami kecelakaan saat bekerja. Amin.-


2 komentar:

  1. dokter , penyakit paronichia dgn kuku susuk (jawa: cantengan) itu sama ngga ya ? saya pernah mengalami nya juga , rasanya sakit pakai sepatu

    BalasHapus
  2. To Michael,

    Benar untuk sebutan Paronychia, orang Jawa bilang itu Cantengen.

    Makasih sudah berkunjung kembali.

    Salam.

    BalasHapus