Sabtu, Desember 08, 2012

Tidak suka makan sayur



Sore ini datang Pak D, 35 tahun. Keluhannya nyeri ulu hati dan sekitar pusar sejak 2 hari yang lalu.

Pada pemeriksaan fisiknya dalam batas normal, hanya ada sedikit nyeri tekan daerah ulu hati ( maag ) pada pemeriksaan palpasi ( pemeriksaan perabaan ).

Pak D menderita Dispepsia dan sembelit ( susah buang air besar ).

Saya bertanya kepada pasien “Kalau buang air besar berapa hari sekali?”

Pak D menjawab “Kadang 2 hari, kadang 3 hari sekali, Dok.”

Saya bertanya lagi “Apakah anda suka makan sayur saat makan?”

Ia menjawab “Jarang, Dok.”

“Apakah anda tidak suka sayur atau buah-buahan?”

“Suka, Dok tapi jarang makan.”

Saya berkata lagi “Iya mungkin anda sibuk atau tidak ada yang memasak makanan untuk anda. Begini saja, masukkan segala sayuran yg segar misalnya Bayam, Brokoli, Tomat, Apel dll lalu diblender. Minumlah pakai sedotan plastik yang besar. Minumlah setiap pagi setelah anda sarapan. Sayuran dan buah-buahan itu sumber serat nabati dan juga sumber Vitamin A, Vitamin C juga sumber Mineral yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita. Kalau tidak makan sayur maka pencernaan akan terganggu. Bila makan sayuran maka proses buang air besar akan lebih mudah karena isi usus banyak mengandung serat nabati. Serat nabati ini merangsang gerakan peristaltik usus yang akan mendorong isi usus ke anus setiap pagi.”

Pasien mengangguk-anggukkan kepalanya tanda setuju.

Saya membuatkan resep obat untuk Dispepsi dan tablet yang mengandung Enzym untuk membantu pencernaannya.

2 komentar:

  1. Kalau saya tidak suka sayur dan jarang makan buah, bagaiman solusinya dok? Apa bisa di ganti dengan suplemen herbal semisal frutablend?
    Terima kasih

    BalasHapus
  2. To Andi Sahputra,

    Saya sering merasa aneh kalau mendengar ada orang yang tidak suka makan Sayur dan Buah2an, padahal ini enak dan sangat berguna bagi kesehatan kita. Mungkin waktu kecil orang tua mereka tidak melatih anak-anaknya makan Sayur dan Buah2an.

    Bila anda tidak suka makan itu maka sebaiknya anda bikin blkenderan Sayuran dan buah2an ( minimal 5 macam ). Setelah dicuci bersih masukkan sayuran dan buah2an itu ke dalam alat Blender, beri sedikit air minum. Sedotlah blenderan itu setiap pagi. Minimal 1 kali sehari, 1 gelas. Ini lebih baik dari pada frutablend karena lebih segar, karena baru saja dibuat.

    Selain mengandung banyak vitamin, blenderan ini banyak mengandung serat nabati yang sangat berguna untuk melancarkan pencernaan kita dan sangat memudahkan proses buang air besar setiap hari.

    Demikian semoga dapat bermanfaat.

    Salam

    BalasHapus