Rabu, Januari 02, 2013

Aphonia



Aphonia atau tidak ada suara, akibat ada gangguan pada pita suara kita.

Ibu Z, 40 tahun, sebagai pimpinan rombongan piknik dari kota kami ke Jakarta yang mengunjungi tempat-tempat rekreasi seperti Ancol dan Taman Mini Indonesia Indah banyak bicara dan menyanyi dalam perjalanan naik bus.

Sore itu Ibu Z datang berobat, dengan keluhan suaranya hilang. Ia ditemani oleh putrinya yang menjadi jurubicara. Ibu Z sepulangnya dari piknik ini, keesokan harinya mendadak suaranya hilang, nyaris tidak bersuara. Ibu Z panik dan khawatir akan kesehatannya. Ibu Z juga mengeluh badannya sedikit demam.

Pada pemeriksaan fisik didapatkan: tekanan darah normal, lain-lain dalam batas normal, ada sedikit demam. Rupanya Ibu Z ini akibat banyak aktifitas dengan banyak mengeluarkan suara ( memberi komando dan bernyanyi ) yang dalam kedaan sehari-hari tidak banyak ia lakukan. Aktifitas itu menyebabkan ada gangguan pada pita suaranya yaitu berupa pembengkakan pita suara, sehingga pita suara tidak dapat bergetar dengan baik dan menyebabkan aphonia.

Saya memberikan resep obat antibiotika ( untuk mencegah infeksi ), tablet anti peradangan, tablet pain killer yang dapat juga untuk menurunkan demam. Saya menyarankan agar Ibu Z istirahat bicara selama 2 hari ( tidak bicara, bila tidak sangat perlu ), tidak banyak aktifitas dan banyak minum minimal 2 liter per hari untuk mengganti cairan tubuh yang dikeluarkan melalui Urine 1,5 liter dan 0,5 liter cairan yang menguap melalui kulit. Semoga suara Ibu Z berangsur-angsur akan muncul kembali setelah gangguan pita suaranya hilang.

Selamat pagi.-

2 komentar:

  1. Ngeri juga karena nyanyi terus bisa menyebabkan hilang suara. Apa itu resiko jadi tour guide yang banyak bicara, ya?

    BalasHapus
  2. To Kencana,

    Anda benar tiap jabatan mempunyai resiko jabatan masing-masing.

    Pita suara yang dipakai secara berlebihan dapat menyebabkan suara menjadi serak ( disfonia ) atau bahkan suara menjadi hilang ( afonia ) untuk sementara waktu, karena pita suara mengalami gangguan.

    Salam

    BalasHapus