Selasa, Januari 29, 2013

Konsultasi jarak jauh (02)


Kemarin siang saya mendapat telepon dari seorang Ibu dan ingin bertanya tentang kesehatan suaminya ( Pak M, pasien saya ). Sang suami saat itu sedang berada di sebuah kota di Jawa barat. Ia mengeluh nyeri pada rongga mulutnya. Ibu ini bertanya apakah obatnya.

Dalam keadaan seperti itu dan pasien sedang membutuhkan pertolongan maka saya segera menjawab belilah 3 macam obat ini di Apotik terdekat. Semoga dapat membantu keluhannya itu.

Kejadian seperti ini sudah terjadi beberapa kali via telepon dan sang pasien sedang berada di kota lain. Pasien sangat membutuhkan pertolongan. Saya bersyukur advis saya dapat membantu penderitaan pasien-pasien ini.

Pagi ini saya mengirim SMS kepada Pak M dan bertanya bagaimana kesehatannya saat ini. Pak M membalas SMS ini dan mengatakan bahwa keluhannya membaik dan mengucapkan terima kasih. Ada rasa plong di hati saya mermbaca SMS balasan ini.

Saat pasien meminta bantuan dari saya dan saya tidak dapat memeriksa pasien, sering kali saya bertanya dalam hati apakah saya dapat menyembuhkan penyakitnya atau minimal meringankan penyakitnya? Dari gambaran penyakit yang diberikan pasien atau keluarga pasien, saya memperkirakan penyakit yang diderita pasien dan mencoba memberikan terapi dengan memberikan nama obat generik yang semoga dapat dibeli di Apotik terdekat.

Advis yang saya berikan hampir semua dapat membantu menyembuhkan penyakit tersebut. Saya bertindak apa yang dapat saya lakukan untuk hal ini. Saya bersyukur akan hal ini. Pasien dan keluarga berterima kasih atas advis gratis ini.

Selamat pagi.-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar