Kamis, Mei 14, 2015

Mialgia


Milagia atau rasa sakit pada otot, sering didapatkan pada seseorang setelah bekerja berat atau berolah raga.

Suatu sore datang Pak U, 45 tahun. Keluhannya tadi siang sampai saat ia berobat, dada sebelah kirinya terasa sakit.

Pada pemeriksaan didapat: tekanan darah 130/80 mmHg ( normal ), Jantung- Paru-paru: dalam batas normal. Perabaan pada daerah dada sebelah kiri memberikan sensasi nyeri.

Semula saya akan merujuk pasien ke Laboratorium Klinik / Klinik Rontgen untuk meminta pemeriksaan ECG ( Electro Cardiography ), tetapi pasien menolak karena katanya tidak ada biaya.

Lalu saya bertanya kepada pasien “Pak, sebelum merasa nyeri dada apakah Bapak telah bekerja berat?”

Ia menjawab “Betul Pak Dokter. Tadi pagi saya bekerja di kebun. Saya mencangkul tanah untuk menanam beberapa pohon. Saya tidak biasa bekerja di kebun, apalagi mengcangkul tanah. Eh..siang hari saya merasa nyeri pada dada sebelah kiri. Saya khawatir saya mendapat serangan Jantung, Dok.”

Nah.. sekarang saya paham bahwa rasa nyeri dada sebelah kirinya ini bukan gangguan Jantung seperti penyempitan pembuluh darah koroner jantung.

Saya berkata lagi kepada pasien ini’ O..begitu ya Pak. Baiklah nanti saya buatkan resep obat untuk menghilangkan rasa nyeri ini ya Pak.”

Segera saya menuliskan resep obat berupa: tablet pain killer, obat penenang ( agar dapat tidur ) dan multivitamin untuk pasien saya ini.

Semoga kesehatan Pak U pulih kembali. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar