Sabtu, Juni 06, 2009

Tips Sehat


Saya sering mendapat satu pertanyaan dari para pasien saya.
Pertanyaan itu ialah “Apa Tips agar dapat hidup sehat?”

Jawabannya sudah banyak ditulis dalam Majalah Kesehatan Tabloid Kesehatan, Buku-buku Kesehatan, Talk show di radio dll.

Sebelum menjawab pertanyaan tadi, kita mesti tahu ada 2 hal yaitu Sehat dan Sakit.
Definisi Sehat adalah suatu keadaan sehat Jasmani, Rohani dan terlepas dari Kecacadan.
Sakit adalah kebalikan dari Sehat, yaitu adanya gangguan dalam Jasmani, Rohani dan adanya kecacadan.

Saat ini Sakit sudah merupakan kemewahan bagi kebanyakan orang, artinya kalau Sakit maka akan banyak dana yang dikeluarkan agar sembuh dari sakit. Daya beli yang rendah menyebabkan orang sakit tidak dapat berobat dengan baik.

Asuransi Kesehatan ( Askes ) bagi PNS banyak membantu mereka yang sakit. Demikian juga Jenis Asuransi Kesehatan yang lain.

---

Sakit

Penyebab sakit ada 2 yaitu: yang dapat dirubah dan yang tidak dapat dirubah.

I. Yang tidak dapat diubah yaitu:

1. Faktor genetik ( keturunan ): Sejak lahir sudah ada sifat / bawaan darti orang tuanya, misalnya: Kencing Manis / Diabetes mellitus, Hipertensi, Mata Myopia, Kelainan kulit Atopik dermatitis dll.
2. Faktor Gender ( jenis kelamin ): jenis kelamin tidak dapat dirunbah karena bawaan dari sononya. Ada penyakit yang hanya terdapat pada Wanita ( Kanker Leher rahim, kanker Payudara dll ) dan pada Pria ( Kanker Prostat ).
3. Faktor Usia: Usia tidak dapat ditawar, usia tidak dapat distop. Ada penyakit yang lebih banyak terdapat pada anak-anak ( Campak, Gondongan/Parotitis, Penyakit Jantung Bawaan dll ), pada usia dewasa ( Kencing Manis, Darah Tinggi dll ) dan pada usia lanjut ( Mata Katarak , Kanker, Stroke, Penyakit Jantung dll ).

II. Yang dapat dirubah yaitu:

1. Faktor Lingkungan Hidup: pencemaran udara, air dapat dicegah dengan tehnologi dan kemauan dari masyarakatnya, membuat sumur dengan jarak minimal 10 meter dari septik tank juga dapat dikerjakan.
2. Faktor Infeksi ( karena Bakteri atau Virus ): dapat dicegah dan diobati.
3. Faktor Kebiasaan Hidup: misalnya merokok dapat dihentikan, sering begadang sampai pagi hari dapat dihindari, cuci tangan sebelum makan dapat dibiasakan, menggosok gigi setelah makan dapat dibiasakan, minum, air yang sudah direbus dapat dilakukan dengan baik.

---

Banyak penyakit menyerang manusia oleh karena dibuat sendiri, misalnya:
1. Sakit Maag ( gastritis acuta ) akibat terlambat makan, makan yang pedas-pedas / asam-asam, 
2. Bronchitis, Kanker Paru karena perokok berat ( lebih dari 20 batang / hari )
3. Kencing nanah ( gonorrhoe ) terjadi karena hubungan seks dengan pasien G.O.
4. Luka bakar akibat ketidak hati-hatian ketika bekerja di dapur.
5. Gagal Ginjal dan kematian akibat minum Miras oplosan.

Tips agar Sehat:

a. 3 Hemat: hemat Garam, hemat Gula dan hemat Minyak.
Terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang asin dapat menyebabkan Darah Tinggi, Terlalu banyak mengkonsumsi Gula ada bahaya kegemukan dan penyakit kencing Manis. Terlalu banyak mengkonsumsi makan yang berminyak ( kolesterol ) dapat menyebabkan Darah Tinggi dan Stroke.

b. Makan 4 Sehat 5 Sempurna atau makanan bergizi yang seimbang. Jangan dilupakan manfaat Sayur dan Buah-buahan karena mengandung Serat nabati yang membantu proses pencernaan dan b.a.b. dan juga merupakan sumber Vitamin dan Mineral yang kita butuhkan setiap hari.

c. Olah raga teratur ( seminggu 3 kali, selama 30 – 60 menit/kali latihan ) dapat berupa jalan pagi, bersepeda, berenang, senaam sehat dll tergantung dari usia dan adanya fasiltas. Olah raga teratur akan melatih Jantung, Pernafasan dan anggota gerak kita dengan baik.

d. Hindari kebiasaan jelek seperti: Merokok, Penggunaan Narkoba, Begadang, Minuman Keras, Hubungan seks dengan bukan pasangan yang sah.

e. Segera memeriksakan diri ke Dokter terdekat bila mengalami gangguan kesehatan. Menunda berobat akan memparah penyakit dan menyebakan makin besarnya biaya pengobatan. Jangan sekali-kali men-dokteri sendiri, kecuali kalau anda seorang Dokter.

f. Banyak menolong orang lain.

g. Berdoa, mohon diberi berkat dari Tuhan Yang Maha Pengasih.

---

Lakukanlah hal-hal diatas, lalu perhatikan apa yang terjadi.
Semoga anda jauh dari penyakit. Amin.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar