Rabu, Juni 23, 2010

Sup dan Kaki Ayam dapat melawan Tekanan Darah Tinggi




Dibandingkan dengan orang-orang lain, saya pribadi tidak menyukai makan kaki Ayam.
Melihat kaki ayam, saya selalu terbayang kaki  yang mengais-ngais tanah untuk mencari makan. Hal itu yang menyebabkan saya  tidak menyukai Kaki Ayam, tetapi ternyata kaki Ayam  berkhasiat dapat menurunkan Tekanan darah Tinggi.

Pada penelitian ternyata Kaki ayam mengandung  lebih banyak protein Kolagen dari pada daging Dada Ayam. Ikutilah artikel ini selanjutnya.

---

Sebuah penelitian dilakukan pada Tikus di Jepang telah menemukan bahwa protein Kolagen ayam bertindak yang mirip dengan obat anti hipertensi golongan ACE inhibitor yang berefek untuk mengurangi Tekanan Darah.

Studi seperti ini banyak mengangkat kemampuan  Sup ayam bisa dikerahkan ke garis depan medis dalam pertempuran melawan Tekanan Darah Tinggi pada manusia. Hasil penelitian dari tim peneliti ini diterbitkan dalam Jurnal Pertanian dan Kimia Makanan.

Sup ayam telah lama menjadi rumah obat yang populer untuk Flu biasa, terkadang dikenal sebagai "Nenek Penisilin". Ini mungkin memiliki peran diperluas, di samping metode lainnya, dalam memerangi Tekanan Darah Tinggi.
Dr Ai Saiga, ilmuwan Jepang yang memimpin studi dan rekan-rekannya mengutip studi sebelumnya menunjukkan bahwa Dada ayam mengandung protein Kolagen dengan efek yang mirip dengan ACE inhibitor, obat untuk  Tekanan Darah Tinggi.
Kaki ayam, sering dibuang sebagai produk limbah di AS, tampaknya menjadi sumber protein Kolagen yang lebih baik daripada Dada ayam.
Dalam studi tersebut, Saiga dan rekan, Kolagen diekstraksi dari Kaki ayam dan diuji kemampuannya untuk bertindak sebagai ACE inhibitor dalam studi laboratorium. Mereka mengidentifikasi 4 protein yang berbeda dalam campuran kolagen dengan aktivitas ACE inhibitor.
Ketika diberikan kepada Tikus,  protein tsb menghasilkan penurunan tekanan darah yang signifikan  kata para peneliti.
Tidak perlu banyak Garam.
Kaldu Ayam yang kaya protein Kolagen sangat berguna bagi umat manusia dalam mengatur Tekanan darah.

Kaldu Ayam sangat bermanfaat  hanya perlu sedikit atau tidak ada Garam sama sekali dalam kaldu karena Garam berpotensi menyebabkan  tekanan darah tinggi.

Bagaimana kerja inhibitor ACE menurunkan tekanan darah?
Tekanan darah manusia  dipengaruhi oleh diameter pembuluh darah. Hipertensi meningkatkan tekanan darah karena kontraksi pembuluh darah.
Dengan demikian membutuhkan kekuatan lebih oleh otot jantung untuk bekerja dan membuat darah beredar dalam aliran darah yang berlawanan dengan resistensi yang lebih tinggi yang ditimbulkan oleh kontraksi pembuluh darah arteri.
Para
peneliti juga menduga bahwa bahan kimia yang dikenal sebagai Angiotensin II yang diproduksi oleh tubuh. ketika Angiotensin diubah menjadi Angiotensin II. Hal ini mempengaruhi tekanan darah manusia. Bila ada lebih dari zat kimia ini, akan meningkatkan tekanan darah karena Angiotensin II menyebabkan otot polos kapiler darah arteri berkontraksi.
ACE (Angiotension Converting Enzyme) bertanggung jawab untuk mengkonversi Angiotensin menjadi Angiotensin II, yang pada gilirannya menyebabkan tekanan darah tinggi.

Para ilmuwan kemudian mengembangkan ACE inhibitor, yang bertindak untuk menurunkan tekanan darah yang berlebihan.

Sumber:
http://www.highbloodpressuremed.com/blog/diet/chicken-soup-reducing-high-blood-pressure/

http://www.sciencedaily.com/releases/2008/10/081013110117.htm

Tidak ada komentar:

Posting Komentar