Minggu, Agustus 08, 2010

Air ledeng sudah mengalir




Sejak 2 hari yang lalu air ledeng sudah mengalir hampir kesemua pelanggan air ledeng di kota kami. Kami bersyukur dan sangat berterima kasih kepada para petugas PDAM yang memperbaiki pipa air ledeng yang pecah. Mereka sudah bekerja siang dan malam. Cape, tapi sangat bermanfaat bagi banyak orang. Makasih banyak, Pak.

Orang dapat bertahan tanpa makan  ( lapar ) untuk 1 minggu atau lebih, tetapi tanpa minum ( haus ) selama 2-3 hari maka ia terancam hidupnya. Ia akan mengalami dehidrasi ( kekurangan air ). Ibarat Pot tanaman yang tidak disiram maka ia akan layu dan mati.

Air merupakan sumber kehidupan bagi  mahluk hidup termasuk manusia. Maka sudah selayaknya kita dapat mengelola air yang diberikan oleh alam  bagi kehidupan umat manusia. Pembabatan hutan dan tanpa disertai penanaman pohon-pohon kembali  sama dengan merusak alam dan membuat susah banyak orang.

Ketika kami melancong ke beberapa kota ( Sydney, Melbourne dan Goldcoast ) di Australia, pada public toliet selalu terpasang stiker: “Gunakanlah air secukupnya” atau  “Tutuplah kran setelah anda menggunakan air”, suatu himbauan yang sangat simpatik. Disana cukup tersedia air bersih sehingga sangat wajar bila pengunjung / warga negara dihimbau turut memelihara keberadaan air bersih.

Sangat ironis, bila  saya  meihat beberapa kran mengalirkan air bersih terbuang percuma di toilet umum, bioskop, hotel, gedung pertemuan dll tempat. Tidak ada orang yang mau secara sukarela menutup kran-kran tsb. Begitu air tidak mengalir lagi, maka banyak orang panik, minta air. Kalau air banyak, segan menutup kran. Semoga sikap seperti ini dapat berubah. Kita wajib belajar dari pengalaman. Pengalaman adalah Guru yang terbaik.

2 komentar:

  1. Artikelnya bagus gan..
    Kunjungi dan follow balik yaa di www.faktakita.com
    thanks :)

    BalasHapus
  2. To Seribu nfo,

    Makasih sudah berkunjung. Bloog anda juga ckup informatif.

    Salam.

    BalasHapus