Minggu, Juli 24, 2011

Seminar Akut Abdomen



Sepulang Kebaktian pagi pukul 07.15 di Gereja saya dan isteri menimati breakfast di sebuah Kedai Makan “Soto Lamongan” di tepi sebuah jalan di kota Cirebon. Soto ini termasuk makanan favorit kami.

Selesai sarapan pagi pukul 08.15 kami drive menuju Kecamatan Sangkanurip, tempat Seminar “Akut Abdomen” ( penyakit mendadak pada perut ). Seminar ini diadakan oleh Keluarga Besar Rumah Sakit “Wijaya Kusumah”, Kuningan dalam memperingati HUT ke 25 RS ini. Pihak RS bekerja sama dengan IDI Cabang Kabupaten Kuningan, Jawa Barat.

Setelah melakukan Registrasi ulang di meja Panitia, kami menerima Seminar Kit berupa Tanda Peserta Seminar, Fotokopi 4 materi Seminar, Pinsil, Ballpoint, Notes, Brosure obat dari pihak sponsor sebuah perusahaan farmasi “S” dan Sertifikat Seminar dengan nilai 5 SKP ( Satuan Kredit Profesi ) yang dapat diambil pada akhir acara Seminar.

Selain itu di dalam sebuah Tas yang menarik terdapat pula 1 CD yang berisi 4 file digital berupa : 3 Slide show ( Power Pont ) dan 1 File Pdf, materi yang disampaikan pada acara ini. Belum pernah kami mendapat perlengkapan Seminar / Simposium selengkap ini. Luar biasa.....Salut untuk RS Wijaya Kusumah, Kuningan. Setiba di rumah kami masih dapat mengulang dengan seksama apa yang telah disampaikan dan dapat dilihat  di layar komputer / laptop kami masing-masing.

Dalam Seminar / Simposum yang lain, sering kali untuk mengkopi File materi ke dalam Flash disk kami dirasa sulit,  sebab harus ada ijin dari Dokter Pembicara. Padahal itu adalah materi yg akan disampaikan bagi seluruh peserta dan kami sudah membayar semua biaya Seminar / Simposium. Mestinya  Pembicara memberi  kemudahan bagi para peserta dalam menyerap ilmu mereka agat dapat terjadi transver knowledge bagi Teman Sejawat yang sudah datang dari jauh. 

Pemberian Fotokopi materi juga kadang tidak ada, sehingga saat kami pulang dan setiba di daerah kami masing-masing, apa yang telah disampaikan mudah terlupakan lagi, karena tidak ada arsip materi Seminar / Simposium.

Kami menikmati Coffee break dengan mencicipi snack, teh atau kopi hangat di meja hidangan yang tersedia. Biaya  Seminar per orang Rp. 50.000,- dengan mendapat Seminar Kit, Sertifikat, Snack dan Lunch sangat memadai dan dirasa lebih murah dari pada mengikuti Seminar di kota Cirebon, apalagi di kota Bandung yang mencapai biaya ratusan ribu rupiah.


Udara di Sangkanurip lebih sejuk dari pada udara kota pantai Cirebon yang hangat menyengat. Maklum daerah ini berada dekat Gunung Ciremai, sebuah gunung yang tertiggi di Jabar.

Penerimaan peserta oleh Panitia dirasa cukup hangat dan ramah. Para peserta disambut dengan  gembira dan familier. Kami banyak berbincang dengan para pembicara yang semuanya berasal dari RS tsb. Kami melihat usia mereka  lebih muda dari kami yang sudah pensiun ini. Mereka respek kepada kami dan sempat saling bertukar kartu nama masing-masing. Mereka senang ada banyak peserta yang berasal dari kota Cirebon, sekitar 40 Km dari Sangkanurip.


Seminar Sehari yang bertema “PENATALAKSANAAN TERKINI KEGAWATDARURATAN PENYAKIT DALAM, ANAK, BEDAH DAN OBGYN” diadakan dengan materi yang banyak ditemui dalam praktek sehari-hari baik di Rumah Sakit, Klinik maupun praktik pribadi.

4 Dokter Ahli dalam bidang masing-masing membawakan materi dengan baik. Selesai acara dilakukan diskusi atau tanya jawab. Para peserta dipersilahkan bertanya kepada para pembicara yang djawab dengan baik dan jelas. Para peserta puas  dalam mengikuti acara Seminar Sehari ini.

Pada akhir acara pukul 14.00 dilakukan undian Door price. Isteri saya kali ini beruntung lagi mendapat nomer undian. Hadiahnya berupa sebuah Timbangan badan. Lumayan  untuk menghentikan kenaikan BB kami.


Saat Lunch, kami menikmati hidangan yang telah disediakan oleh Panitia. Kami menikmati Nasi putih dengan Soto Ayam, Ayam bakar, Tumis  Taoge, Gurame Goreng, Acar mentimun, Kerupuk, Sambal, Buah-buahan dan Koktail buah.

Kami ngobrol bersama para Panitia dan Pembicara Seminar dalam suasana kekeluargaan. Kami saling bertukar informasi ilmu, pekerjaan  dan keluarga.

Setelah dirasa cukup kami pamitan. Mobil kami meluncur kembali ke kota Cirebon. Kami tiba kembali di rumah dengan selamat pukul 15.15. Terima kasih Tuhan yang sudah menyertai perjalanan kami hari ini.

Hari ini pengalaman kami bertambah satu lagi.-


2 komentar:

  1. saya juga kepingin ikut seminar, untuk nambah2 ilmu dan sertifikat saat lulus nanti,... tapi biayanya lumayan mahal juga buat ukuran mahasiswa :(

    BalasHapus
  2. To Michael,

    Untuk student biayanya baya lebh ringan, tetapi fasiitas sama, mislanya dpat Seminar Kit, punya hak bertanya, dapat menimati Lunch bersama dan selembar Sertifikat dengan nilai SKP yg sama.

    Kalau ada waktu dan kesempatan, anda bisa ikut untuk menambah wawasan dan pengalaman.

    Salam

    BalasHapus