Rabu, Juli 06, 2011

Tersengat aliran listrik



Aliran listrik dipakai untuk bermacam keperluan.

Pada umumnya aliran listrik digunakan untuk: penerangan, sebagai power supply alat-alat listrik ( Komputer, Handphone, Mesin cuci, AC dl ).

Dahulu pada pasien yang Scizophrenia ( gangguan jiwa ) diberikan EST ( Electro Shock Therapy ). Sekarang sudah tidak dilakukan lagi. Mereka diberikan obat  melalui suntikan atau  melalui mulut ( tablet / kapsul / sirup ).

Petugas PLN yang bertugas memasang / memperbaiki kawat tegangan tinggi sering mengalami tersengat aliran listrik bila  tidak hati-hati dalam melaksanakan tugas.

---

Bulan lalu saat saya hendak membersihkan dan menguras air akuarium, saya tidak memakai alas kaki yang kering. Banyaknya air yang mesti dikeluarkan dari akuarium melalui slang plastik, membuat kedua tangan dan kedua kaki saya basah.

Untuk menghentikan mesin penyedot air agar supaya saya dapat mengganti filter / saringan air, saya bermaksud hendak melepaskan steker dari terminal listrik. Ketika tangan kanan saya  memegang steker itu, saya tersentak dan terkejut sekali. Tangan saya  teraliri listrik selama beberapa detik.

Steker itu seolah tidak mau lepas dari tangan saya yang agak basah. Strom berjalan terus mengaliri lengan kanan saya. Aduh...bagaimana ini?
Secara refleks, saya melemparkan steker itu dan terlepas. Jari kelingking tangan  kanan saya terasa sangat sakit.

Semua kegiatan saya hentikan untuk sementara. Beberapa menit kemudian saya melihat ada 5 lokasi di jari kelingking tsb yang menunjukkan adanya gelembung cairan. Sepertinya Combustio (luka bakar) derajat 2… nih.

Berkat perlindunganNya  Jantung saya  masih dapat berdenyut normal. Kaget juga.

Sebuah kesalahan telah saya buat dan saya menderita akibat kelalaian saya sendiri (tangan basah dan tidak memakai alas kaki yang kering).

Dari pengalaman itu saya ingin menyampaikan Tips agar tidak terulang kejadian ini  pada orang-orang lain, yaitu”

  • Jangan memegang dengan tangan basah / agak basah suatu alat yang masih dialiri Strom listrik.
  • Pakailah alas kaki yang kering ( sandal, sepatu dll ) saat melakukan pekerjaan  dengan menggunakan alat listrik ( Setrikaan, Microwave, Kompor dll ). Ini untuk menghindari strom memasuki badan kita dan terus ke bumi.
  • Sebelum bekerja ( mengganti kabel, dll ) sebaiknya kita melepas aliran listrik, kalau perlu sikring induk dekat meteran listrik di rumah kita dipadamkan dahulu, agar tidak ada aliran listrik yang masuk ke dalam rumah kita sementara kita memperbaiki alat listrik yang rusak.

Semoga  kita dapat bekerja dengan aman dan terhindar dari  sengatan aliran listrik. Amin.

2 komentar:

  1. dan mungkin akan lebih baik (serta aman) juga kalau kita bekerja dengan ditemani oleh seseorg , yg menolong dalam keadaan emergency atau minimal memanggil bala bantuan... :D

    BalasHapus
  2. To Michael,

    Asisten sih ada,tapi sedang masak di dapur. Jaraknya hanya 4 meter, yah..namanya juga kecelakaan atau kelalaian yang dapatterjadi bila tidak hati-hati.

    Lain kali mesti aliran listrik dimatikan dahulu sebelum bekerja, agar aman.

    Salam.

    BalasHapus