Kamis, Juli 04, 2013

Pasien tidak datang lagi


Bila pasien mempunyai keluhan yang dalam waktu 3 hari belum sembuh atau berkurang sakitnya, saya berpesan agar datang kembali untuk kontrol.

Pasien anak A, 10 tahun yang 3 hari yang lalu dikhitan oleh saya, dipesankan agar kontrol kembali 3 hari kemudian untuk melihat bekas luka khitannya. Kemarin sore sudah waktunya, A untuk datang kembali, tetapi ia tidak / belum datang. Apakah disebabkan adanya halangan karena kemarin sore hujan lebat?

----

Kemarin pagi datang berobat Pak F, 24 tahun, seorang karyawan seorang relasi saya. Keluhannya sesek nafas dan terasa tidak enak di daerah ulu hati dan dada sebelah kanan sejak beberapa hari yang lalu.

Saya menduga ia menderita gangguan maag ( lambung ). Saya bertanya apakah makan teratur ( pagi, siang, malam ). Pak F menjawab katanya ia tidak pernah sarapan pagi sejak bertahun-tahun, sudah menjadi kebiasaan Pak F. Jadi ia makan sehari hanya 2 kali, pagi dan malam hari saja.

Saya sarankan agar Pak F pada pagi hari sarapan pagi entah itu berupa sebuah serabi atau pisang goreng, agar perutnya terisi untuk menetralkan asam lambung yang ada dalam lambungnya. Pada saat daya tahannya menurun ( karena kehujanan, kerja kecapean dll ), maka lambungnya meradang dan timbullah nyeri pada daerah lambungnya.

Oleh karena nyerinya di daerah dada sebelah kanan juga dan Pak F mengeluh merasa sesek nafas, maka saya mencurigai adanya kelainan pada Paru-parunya. Saya menyarankan dan membuat Surat Rujukan untuk membuata Foto Thorax ( foto polos Jantung dan paru-paru ) di sebuah Klinik Rontgen di kota Cirebon.

Saya bertanya kepada Pak F “Pak, kalau bapak sakit apakah majikan bapak mengganti biaya pengobatannya?”

Pak F menjawab “Betul, dok, saya kalau berobat akan diganti biayanya.”

Kalau begitu masalah pembelian resep obat dan biaya pembuatan Foto Thorax tidak menjadi masalah.

“Ini Pak resep sementara untuk mengatasi penyakit bapak dan Surat Rujukan untuk membuat Foto Thorax. Kalau bapak dibuatkan Foto Thorax pada pagi ini, nanti sore sudah selesai dan segera bawa kembali ke tempat praktik saya, ya,” kata saya.

Saya tunggu kedatangan Pak F sampai malam hari, saya tutup praktik, Pak F tidak / belum juga datang. Apakah ia tidak datang kembali karena sore kemarin turun hujan ataukah setelah minum obat yang diberikan oleh saya, keluhannya sudah sembuh?

----

Beberapa pasien yang diadviskan untuk datang kembali membawa hasil pemeriksaan Laboratorium, atau Foto Rontgen, sering kali tidak datang kembali. Alasannya karena biaya pemeriksan penunjang ataukah penyakitnya sudah sembuh karena minum obat sementara yang saya berikan? Saya kurang tahu.

Selamat pagi.-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar