Selasa, Februari 03, 2009

Bingkisan di hari jadi


Kemarin saya pergi ke G. Book Store di kota saya. Alasannya untuk membuktikan kebenaran isi pesan SMS yang saya terima pada hari jadi saya pada akhir Januari 2009 yang lalu.

Kalau menerima SMS berupa mendapatkan hadiah atau bingkisan saya harus hati-hati dan waspada, sebab sudah banyak orang-oarng yang dirugikan.

Isi pesan yang saya terima dari G. Book Store Centre itu mengucapkan selamat atas ulang tahun saya dan disilahkan datang untuk mendapatkan suatu bingkisan dan diskon sebanyak 10% bila belanja di Store ini.

Wah..senangnya. Siapa yang tidak senang kalau mendapatkan bingkisan, apalagi di hari jadi. Selama hidup saya belum pernah mendapatkan bingisan yang diberikan secara istimewa dari orang / pihak yang belum saya kenal.

Kemarin saya memang ingin membeli buku tentang Blog Wordpress di Book Store tsb. Jadi pas kalau saya mengunjunginya sambil menanyakan bingkisan apakah gerangan yang saya terima?

Dalam perjalanan menuju Store ini sambil mengenudikan Minibus saya bertanya dalam hati “Dari mana G. Book Store Centre mendaptakan identitas saya?” lengkap dengan hari jadi. Ah...mungkin dari data Kartu Kredit yang digesek ketika membayar belanja buku-buku di toko ini. Saya tidak yakin apakah benar identitas saya dalam Kartu Kredit saya itu berisi hari jadi juga?

Setiba di toko buku ini saya bertanya kepada salah satu karyawan. Ia menganjurkan agar saya datang ke bagian Informasi di lantai 2. Sambil menunjukkan Ponsel saya yang berisi text isi SMS , saya bertanya apakah hal itu benar?

Wanita petugas dibagian ini segera mengetuk-ngetuk keyboard Komputernya.
“Benar dan Selamat ya, Pak. Boleh saya lihat KTP Bapak?. Bapak seharusnya mengambil pada hari jadi Bapak. Sekarang sudah lewat, Pak “, ia menyalami saya berkenaan hari jadi saya itu.

Saya berkilah ”Saat itu kami berada di luar kota, mbak. Jadi saya tidak dapat segera datang. Baru sekarang saya dapat datang. Kalau sudah lewat ya tidak apa-apa lah. Saat ini saya mau belanja buku-buku disini”.

Dengan argumentasi saya dan janji akan belanja buku di tokonya, sang petugas menjawab “Sebentar ya Pak, saya ambilkan bingkisannya.”

Wah… ini benar. Bukan penipuan, tetapi bingkisan itu berupa apa ya? Jangan-jangan sebuah buku, karena toko ini adalah toko buku langganan saya.

Tidak lama kemudian sang petugas datang membawa sebuah Tas karton belanjaan dengan Logo Toko tsb yang berisi bukan 1 buku tetapi 2 buah buku. “Trend Mode 2009, majalah Pernikahan Pertama di Kota Cirebon “ dan “Pengenalan Komputer, Dasar Ilmu Komputer, Pemrograman, Sistem Informasi dan Intelegensia”, Penerbit Andi Yogyakarta.

Bagus juga kedua Buku ini. Hobi membaca dapat terpenuhi dengan mendapat buku-buku baru. Berharap dapat 1 buku ternyata dapat 2 buku. Hati saya berbunga-bunga. Rejeki nomplok nih.

Sebelum meninggalkan konter Informasi tsb, saya bertanya “Mbak, dari mana anda mempunyai data base tentang diri saya?”
“Dari Formulir isian seperti ini.” Sambil menunjukkan tumpukan Formulir isian tentang identitas oarang yang pernah belanja di toko buku ini.
“Rasanya saya belum pernah mengisinya dan saya baru kali ini melihat ada Formulir seperti ini. Ah.. mungkin dari data Kartu Kredit yang saya gunakan setiap kali belanja di sini.” Maklumlah kalau belum terima pensiunan, saya gunakan saja gesekan Kartu Kredit saya.

Sebelum berpisah saya menyalaminya dan mengucapkan terima kasih atas bingkisan dan perhatian tokonya terhadap para pelanggan. Belum pernah seumur hidup saya mendapat perhatian begitu baik dari sebuah toko. Semoga toko ini semakin laris.

Saya juga belanja beberapa buah buku. Apakah benar saya mendapat diskon 10% juga? yang ditandai dengan pemberian sebuah kartu sebagai tanda untuk mendapat Diskon 10% dibagian Kasir. Memang benar, sang Kasir memberikan ucapan selamat ulang tahun kepada saya ketika saya menyodorkan buku-buku pembelian saya.
“Bapak mendapat diskon sebesar 10% saat ini.”
“Terima kasih, mbak” jawab saya.

Wah..saya menjadi pembeli yang paling dihormati saat belanja Buku di toko ini. Kapan lagi ya. Apakah saya masih mendapat perlakuan dan kesempatan yang sama pada tahun depan? Semoga saya diberi umur panjang, seperti isi pesan banyak SMS yang saya terima dari para relasi saya.

Pada hari jadi, saya selalu mempunyai 2 pertanyaan yaitu: umur saya bertambah satu tahun lagi atau umur saya berkurang satu tahun lagi. Dua-duanya benar. Yang jelas sampai detik ini saya masih dapat mengetik artikel untuk dipublish ke Blog saya.

2 komentar:

  1. Anonim8:35 PM

    Selamat untuk Hari Jadinya Pak Dokter. Wah Wah.... ternyata bukan cuman kartu Matrix milik Indosat saja yang berani memberikan diskon ini itu pada pelanggannya (Bapak saya sering menerima sms konfirmasi potongan/diskon untuk beberapa event atau pembelian dari Indosat). Toko Buku ada juga toh ?

    BalasHapus
  2. To Pande Baik: Ada. Ya berbuat keaikan kan tidak ada salahnya. Sering-sering aja kasih hadiah sebagai salah satu bentuk promisi, agar konsumen senang. Makin banyak memberi, makin banyak menerima bukan?

    BalasHapus