Selasa, Februari 10, 2009

Manfaat Internert



Seminggu yang lalu, pagi-pagi Teman Sejawat Dokter menelepon saya.

“Pagi, Pak Bas.”

“Pagi juga. Siapa ya?” jawab saya.

“Saya Edi ( bukan nama sebenarnya ). Mau minta tolong nih.”

“Apa yang dapat saya bantu?” jawab saya.

“Apakah anda punya, artikel tentang Lidah Buaya?”

“”Kalau Lidah saya punya, kalau Buaya saya tidak punya. Emang buat apa sih artikel itu?” jawab saya sambil guyon.

“Anak saya yang di SMU dapat tugas dari Gurunya untuk membuat suatu karangan tentang Lidah Buaya, cara menanam, khasiat, nilai ekonomis dll. Cari bahannya di mana ya, Bas?” katanya memelas.

“Gini aja, beri saya waktu 30 menit, nanti saya telepon anda. Saya mau cari di Internet dan akan saya cetak beberapa artikel tentang Lidah Buaya.” kata saya dengan PD.

Saya buka Internet di komputer saya yang sudah online. Saya masukkan kata kunci “lidah buaya” ( tanpa tanda petik ) di mesin pencari ( search engine ) Google. Pak Google ini sudah sering membantu saya dalam mencari banyak artikel yang saya butuhkan. Saya patut berterima kasih kepadanya.

Hasil pencarian, menampilkan artikel Lidah Buaya ( Aloe vera ) dalam bahasa Inggris dan Indonesia. Saya pilih 2 artikel dalam bahasa Indionesia dan 2 artikel dalam bahasa Inggris. 4 buah artikel rasanya cukup untuk bahan membuat sebuah karangan sebanyak 2 halaman Folio bagi tingkat SMU.

Selesai di print, saya bicara dengan Teman Sejawat saya tadi dan agar segera diambil, sebab saya akan pergi ke luar rumah untuk suatu keperluan.

Teman saya menjawab katanya nanti sore saja diambilnya.
Saya jengkel mendengar perkataannya itu. Kerja saya sepertinya tidak dihargainya. Saya tidak biasa bekerja lambat-lambat. Kalau bahan artikelnya nanti sore diterima anaknya, kapan tugas karangannya selesai?

“Kalau anda mengambilnya nanti sore, saya tidak akan mencetaknya. Nanti sore saya tidak ada waktu, sebab saya akan praktek melayani pasien”, kata saya kemudian.

Sepuluh menit kemudian Teman saya itu tiba di rumah saya dengan pakaian olah raga , siap untuk main Tennis. Print out Aloe vera itu saya berikan kepadanya secara free.

Kejadian seperti ini sudah sering kali saya lakukan bagi Teman Sejawat yang butuh artikel tetapi masih gaptek Internet. Ingin beri ceramah bahannya belum punya. Ia kebingungan dan menelepon saya minta bantuan. Saya minta bantuan juga dari Pak Google di Internet. Dengan setia Pak Google selalu memberikan apa yang saya butuhkan. Makasih Pak Google.

2 komentar:

  1. Anonim9:06 PM

    Saya merupakan salah satu orang yang merasakan manfaat Internet. Salah satu pengalaman saya yaitu pencarian artikel kesehatan baik yang terkait dengan diri sendiri, Istri dan juga akhir-akhir ini ya putri kami.
    Sejauh ini yang paling membantu adalah yang dari Forum dan Diskusi. yang terkait langsung dengan topik dan pengalaman orang lain tentunya...
    Termasuk manfaat dari segi pemahaman teknologi dan apa lagi kalau bukan topik yang lagi Trend. He....
    Seusia saya, TREND yang dimaksudkan itu tak jauh dari tiga huruf.
    S E X
    Huahauahauahahahaha....

    BalasHapus
  2. To Pande Baik: Setuju! Asal anda jangan punya moto " Tiada hari tanpa Sex". Di dunia ini semua ada batasnya. ha...ha...

    BalasHapus